Bagi penggemar mobil sporty, Honda CRV mungkin banyak dipertimbangkan karena tampilan dan performanya. Apalagi pada kalangan masyarakat urban banyak menjadi mobil impian. Tidak heran banyak yang menabung untuk mendapatkannya.

Kalau melihat dari tampilannya sebenarnya menjadi kendaraan Crossover impian. Terlebih merupakan wujud dari terpenuhinya kebutuhan transportasi pada wilayah perkotaan. Terutama karena terbilang padat dan penuh dengan tantangan.

Selain itu apabila digunakan dalam petualangan ke berbagai daerah atau medan juga baik. Bahkan dengan kemampuan sporty juga bisa dimaksimalkan untuk perjalanan jauh. Jika digunakan bersama keluarga tentu menawarkan kenyamanan.

Pada dasarnya Honda CR-V disertai dengan keistimewaan yang patut untuk kamu pertimbangkan. Faktanya tergolong sebagai compact SUV yang pertama kali dikenal sejak tahun 2000. Tentu banyak perkembangan dan perubahan positif.

Respon dari masyarakat tidak kalah menarik karena laris pada pasaran Indonesia. Dulunya saat pertama kali muncul menggunakan mesin berkapasitas 2.0L. Pastinya disertai juga dengan sistem transmisi AT maupun manual.

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli atau memilih CRV, harus mengetahui lebih dalam. Khususnya berkaitan dengan spesifikasi, fitur maupun desain interior dan eksterior. Begitu juga membandingkan kelebihan atau kekurangan dari CRV.

Spesifikasi dan Dimensi Mobil CRV

Jika membahas tentang spesifikasi, tentu tidak terlepaskan dari mesin yang digunakan. Honda sukses dalam merancang mesin bertenaga tapi penggunaan energinya hemat. Apalagi terdapat mesin VTED Turbo 1.5L pada generasi terbaru.

Kehadiran Honda CRV ada sejak 2016 dan mesin tersebut lama diandalkan. Khususnya pada kelas Hatchback maupun crossover. Kubikasi 1.5L menambahkan data 190PS pada 5.600rpm dengan torsi maksimum 240Nm untuk 2.000-5.000rpm.

Sebenarnya terdapat tipe i-VTEC 2.0L dengan daya maupun torsi lebih rendah. Meski begitu mengakomodir kamu yang belum paham dengan mesin Turbo. Performanya semakin baik karena CVT maupun Earth Dreams Technology.

Karena teknologi inilah kemudian memberikan tarikan yang penuh dengan tenaga. Apalagi transmisinya begitu halus dengan kubikasi yang lebih baik. Konsumsi bahan bakarnya juga semakin efisien sehingga akan hemat bahan bakar.

Sementara itu dari segi dimensinya cukup besar walaupun tidak seperti Fortuner atau Pajero. Bobotnya hingga 1.654kg dengan dimensi 4.854 x 1.855 x 1685mm. Ukuran tersebut bisa memuat 7 orang sekaligus.

Selain itu CRV juga dilengkapi Ground Clearance yang dibuat dengan ketinggian sempurna. Artinya aman melewati jalanan penuh dengan genangan. Begitu juga apabila ada jalanan dengan gundukan atau polisi tidur.

Spek tersebut telah membuktikan dapat digunakan sebagai kendaraan harian yang stylish dan modern. Terlebih tampilannya begitu keren dan memiliki image sendiri. Karena harganya hingga setengah miliar tentu membuatnya lebih mewah.

Eksterior dan Interior CRV Terbilang Menawan

Mobil Honda CR-V memiliki keunggulan dari eksteriornya yang terlihat tangguh sekaligus gagah. Pastinya termasuk maskulin terutama karena Bumper maupun Grille nya baru. Belum lagi Headlap, Sein hingga Foglamp memakai Full LED.

Kecanggihannya semakin terlihat bahkan sebenarnya kesan mewahnya juga hadir. Jangan lupa kalau terdapat kaca depan berupa penolak panas sehingga nyaman. Khususnya saat kamu gunakan pada jalanan Indonesia yang seringkali terik.

Tentunya bukan hanya bagian depan yang bagus melainkan juga belakangnya. Terbukti dilengkapi bumper tangguh beserta pipa pembuangan krom elegan. Hadirnya spoiler sporty dan lampu belakang beraksen awam juga semakin megah.

Keunggulan eksterior tambah baik karena dilengkapi juga Velg Wheel Alloy. Bentuknya berdesain Two Tone dengan bentuk Five Leaf Clover. Tidak heran apabila mampu memberikan nuansa elegan tapi tetap kelihatan tangguh.

Sementara itu bagian interior Honda CRV tidak kalah dibandingkan eksterior. Hal ini terbukti karena sangat layak disebut Sport Utility Vehicle. Penyebabnya karena dimensi lebar sehingga interior di dalamnya lebih luas.

Apabila memilih versi Turbo, dapat memperoleh 3 baris tempat duduk. Tentu disertai dengan leather pada bagian jok, kemudi sampai knob. Sementara itu bagian dashboard menggunakan panel kayu sehingga semakin mewah.

Ciri futuristik pada bagian interior juga tetap disempurnakan. Apalagi dengan 8 speaker pada beberapa sudut sehingga lebih nyaman kamu kendarai. Karena punya Panoramic Power Sunroof, tentu semakin menyenangkan untuk berkendara.

Kelebihan Honda CRV yang Menarik Perhatian

Memilih menggunakan Honda CRV ternyata menguntungkan karena terdapat beberapa kelebihan. Pastinya disertai dengan kapasitas besar maupun perubahan yang signifikan. Tapi harus mengulik lebih dalam supaya meyakini kualitasnya.

Salah satu kelebihan CRV adalah desain eksterior mewah dan modern. Meski begitu tetap sporty karena dilengkapi garis atau bentuk gagah. Belum lagi terpasang LED dengan LED DRL yang memikat perhatian.

Selain itu disertai ruang interior lebih lega dari varian sebelumnya. Kesan ini menyenangkan karena ditambah juga warna desain interior dengan akses Wood Panel. Bahkan bagian stir kemudinya lebih nyaman digunakan.

Sementara itu dari segi performanya tidak kalah menarik karena 2 mesin berkapasitas handal. Mesin tersebut yakni 2.0L i-VTEC hingga 1.5L i-VTEC. Artinya semakin tangguh, terlebih karena memiliki Earth Dream Technology.

Honda CRV sebenarnya memiliki performa semakin tangguh karena teknologinya canggih. Apalagi terdapat bantuan 4 silinder tupe VTEC+ Turbo dan DOHC. Bahkan dengan 16 katup bertenaga 187HP/5600rpm juga meningkatkan kekuatannya.

Kelebihan lain yang ditawarkan yakni dari bagian fiturnya lebih lengkap dan canggih. Artinya akan memuaskan karena semakin nyaman, aman dan selamat dalam berkendara. Bahkan disertai fitur hiburan sehingga nikmat berkendara.

Jangan lupa selalu terdapat desain fresh dari satu versi ke versi lainnya. Bahkan terdapat banyak generasi yang diberikan berbagai penyegaran lebih menarik. Perubahan mengikuti perubahan zaman sehingga lebih nikmat dipandang.

Tampilan bukan hanya kelebihan satu-satunya melainkan material yang dipakai sama bagusnya. Apalagi kelasnya lebih tinggi yang mendukung guratan garis desainnya. Kemudian keamanan dan kenyamanan berkendara pasti didapatkan.

Kekurangan Honda CRV yang Penting Diwaspadai

Dalam mempertimbangkan Honda CRV, tidak bisa hanya memperhatikan tentang kelebihan. Melainkan harus memahami tentang poin kekurangan di dalamnya. Misalnya dari segi banderol yang ternyata masih relatif cukup besar.

Selain itu ukuran dimensinya cenderung besar sehingga kurang gesit. Apalagi jika sering melewati jalanan sempit sehingga terasa berat. Hal ini juga menandakan kalau akan membutuhkan lebih banyak bahan bakar BBM.

Apabila melihat fiturnya tidak lengkap sehingga sayang karena keamanan dan kenyamanannya tanggung. Mode berkendara masih belum cukup memuaskan. Jika ditambahkan Mode Sport, Eco maupun normal mungkin lebih menyenangkan.

Fitur lainnya yang disayangkan yakni keselamatan kalah dengan Mazda CX-5. Terlebih belum memiliki Winsdshield Active Driving Display maupun G-Vectoring Control. Bahkan belum memiliki juga Power Liftgate sekaligus Spindel Damper.

Kendaraan ini juga disertai dengan Sunroof, tapi tidak untuk semua varian. Melainkan hanya pada varian terbesar dengan harga yang lebih tinggi. Artinya pertimbangan membeli versi terbaik menjadi pikiran banyak pengguna.

Kekurangan lainnya yang penting untuk kamu waspadai yakni harga bekasannya sering turun banyak. Bahkan disertai dengan biaya pajak tahunan cukup besar. Wajar apabila harus menyiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Apabila telah mengetahui review spesifikasi dan fitur, tentu semakin paham dengan kualitasnya. Terutama karena sudah membandingkan juga keunggulan dan kelemahan. Jadi, semakin mengetahui lebih detail tentang Honda CRV tersebut.