Mobil harum menyegarkan pasti diinginkan oleh semua orang. Apalagi kalau kita harus pergi keluar kota atau melakukan perjalanan yang jauh. Kebersihan mobil menjadi salah satu prioritas yang harus diperhatikan oleh pemilik karena akan berpengaruh juga pada mesinnya.

Debu-debu yang ada di dalam mobil juga akan mempengaruhi kinerja mesin sehingga kendaraan akan sering mogok. Kaca kendaraan harus sering-sering dibersihkan apalagi jika sudah penuh debu karena akan berpengaruh terhadap pandangan saat menyetir dan membahayakan Anda.

Jika mobil Anda bersih dan wangi, siapapun yang ada di dalamnya akan merasa nyaman dan betah. Pemilihan pewangi mobil juga tidak boleh sembarangan, Anda harus lebih selektif lagi dalam memilih pewangi kendaraan. Kalau Anda memilih pewangi yang tidak enak, maka akan membuat orang di dalamnya menjadi mual dan pusing. Hal itu harus diterapkan oleh semua pemilik mobil supaya pengendara maupun penumpang merasa nyaman. Tips agar mobil harum menyegarkan setiap saat, kamu harus  mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Tips Membersihkan Mobil yang Tepat

Sebelum kamu pergi jauh dengan menggunakan mobil, pastikan terlebih dahulu semuanya dalam keadaan bersih. Langkah berikut ini perlu kamu coba supaya mobilmu bersih dan wangi setiap saat. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk kecucian mobil lagi.

  1. Langkah pertama keluarkan barang-barang yang ada didalam mobil dan pastikan semua sudah keluar seperti karpet, bantal sandaran atau pernak-pernik yang terpasang pada mobil. Setelah itu lap bagian dalam dengan kanebo basah sampai bersih. Untuk area bangku yang berdebu bisa menggunakan vacum cleaner, lakukan dari atas sampai kolong kursi. Setelah semua dilap menggunakan kanebo basah, ulangi lagi dengan menggunakan kanebo kering. Setelah semua sudah dilap kering dan divacum, langkah selanjutnya yaitu membuka semua pintu termasuk pintu belakang mobil agar udara segar masuk dalam mobil dan biarkan beberapa saat.

 

  1. Setelah semuanya selesai kamu bisa menutup semua sampai rapat, supaya bisa lanjut mencuci bagian luar mobil. Gunakan sabun pencuci khusus untuk mobil, jangan menggunakan sabun cuci baju, supaya cat mobil tidak rusak. Bersihkan semua bagian mobil lalu bilas dengan air bersih.
  2. Setelah sudah dibersihkan menggunakan air dan sabun, lalu keringkan dengan kanebo kering supaya tidak ada bercak air. Kalau sudah kering, kamu bisa menggunakan semprotan pengkilat agar terlihat lebih bersih lagi. Jika semua sudah dilakukan kembalikan semua pernak-pernik dan aksesoris, jangan lupa pengharum kendaraan agar mobil tetap harum.

Memilih Pengharum Kendaraan yang Cocok

Jika kamu menginginkan mobil Anda harum dan menyegarkan, maka Anda harus memilih pengharum yang tepat. Setiap orang memiliki kesukaan wangi yang berbeda-beda. Jangan pilih yang wanginya terlalu menyengat, karena akan membuat mual dan pusing. Jika kendaraan wangi akan membuat semua merasa nyaman saat berada didalamnya.

Jangan menggunakan pengharum yang rasa buah jeruk, karena beberapa orang tidak suka bau tersebut. Wangi jeruk jika bercampur dengan AC akan membuat sebagian orang pusing atau mabuk. Jika kamu menginginkan kendaraan segar maka bisa menggunakan wangi yang lebih lembut seperti wangi the hijau atau wangi kopi. Tapi itu semua tergantung selera masing-masing yang tidak dapat dipaksakan. Jika pewangi habis segera refill supaya tidak bau pengap dan tidak apek.