New Mazda CX5 memiliki segudang keunggulan sehingga menjadi salah satu SUV CBU paling laris tahun 2022 lalu. Sampai saat ini, kendaraan dari pabrikan Jepang ini masih menjadi incaran banyak orang karena kualitasnya yang mumpuni.

Berbagai fitur yang ada di dalamnya memberikan kenyamanan dan keamanan pada pengendara maupun penumpang. Selain itu, pengalaman perjalanan baik dekat maupun jauh juga menjadi lebih menyenangkan.

Tidak hanya itu saja, spesifikasi New Mazda CX5 juga unggulan baik mesin, eksterior, juga interior mobilnya. Ada cukup banyak keunggulan yang menjadi alasan mobil SUV ini menjadi incaran sebagian besar masyarakat.

Meskipun demikian, ada beberapa kelemahan yang tetap perlu diperhatikan agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan perjalanan. Tidak perlu khawatir, sebab kelemahan ini tetap tidak mengurangi kualitas dalam memberikan kenyamanan penggunanya.

Spesifikasi dari New CX5

Spesifikasi New Mazda CX5 dapat terlihat dari eksterior yang tampak lebih elegan dan berbeda dari varian sebelumnya. Mulai dari gril, lampu depan, desain bumper depan belakang, pelek 19 inci, juga lampu belakang memiliki desain baru yang fresh.

Pada tipe Kuro, ada 4 titik merah di bagian grill depan dan bisa merefleksikan cahaya sehingga terkesan menyala. Sedangkan tipe Elite memiliki fitur lebih baik dibandingkan dengan bersi sebelumnya, terlihat dari Mazda Radar Cruise Control (MRCC) yang kini tersemat.

Tidak hanya eksterior saja, interior mobilnya juga memiliki perbedaan, meskipun perbedaannya tidak terlalu terlihat. Bagian jok sudah memiliki peganggan punggung juga memberi posisi duduk lebih baik.

Bukan hanya itu saja, bagian platform pada interior New Mazda CX5 di bangian tengah juga sudah diperbaiki bagian Rigiditas Lateral dan Rigiditas Mounting. Frame juga diperbaiki lagi sehingga dapat mengurangi getaran ketika ada yang masuk kabin.

Kemudian ada setting kaki-kaki yang berbeda daripada generasi sebelumnya menggunakan teknologi Evolution. Perubahan kaki membuat rigiditas semakin membaik serta memiliki suspensi menyesuaikan beberapa kontur jalan.

Dimensi New Mazda CX5 juga memiliki perubahan, meskipun secara spesifikasi hanya bertambah sedikit dari generasi sebelumnya. Dimensi terbaru ini memiliki panjang 4.575 mm, lebar 1.845 mm, juga tinggi 1.680 mm, juga memiliki wheelbase 2.700 mm.

Mesin sendiri memiliki kapasitas 2.488 cc, 4 silinder, DOHC, Dual S-VT menggunakan cylinder deactivation. Tenaga dapat tersalur ke roda depan menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan dengan torque converter untuk performa lebih baik.

Fitur New CX5 yang Lengkap

Fitur New Mazda CX5 sangat lengkap dalam berbagai aspek sehingga memberikan pengalaman menyenangkan untuk penggunanya. Salah satinya fitur Driver Assistance atau I-Activsense lengkap untuk menjaga mobil melaju tetap pada jalurnya.

Seperti penjelasan sebelumnya, mobil ini sudah dilengkapi dengan MRCC sehingga bisa menjaga jarak dengan kendaraan lain dengan aman. Pengemudi hanya tinggal mengatur kecepatan dan jarak melalui tombol di sisi kanan setir.

Selanjutnya ada fitur Cruise & Traffic Support (CTS) sehingga pengemudi tidak perlu memutar setir untuk berbelok. Fitur CTS ini akan aktif bersama MRCC dan hanya cocok digunakan ketika sedang berada di jalan tol yang sepi.

Selanjutnya adalah fitur Lane Keeping Assist yang cukup sensitif dalam membaca marka jalan dengan jelas. New Mazda CX5 juga menggunakan Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA) untuk perjalanan lebih aman.

Sebenarnya masih ada banyak lagi fitur-fitur pada mobil SUV populer ini, termasuk Adaptive LED Headlight untuk mencegah silau kendaraan lain di depan. Berbagai fitur penunjang keselamatan aktif juga tersedia untuk menghindari kecelakaan parah.

New Mazda CX5 juga memiliki electric parking brake dengan auto-hold yang bermanfaat ketika lampu merah cukup lama. Fitur ini dapat menahan kendaraan tanpa perlu menginjak pedal rem serta memindahkan tuas transmisi dari posisi D.

Sementara untuk hiburan, sudah tersedia Mazda Connect yang tersambung dengan smaprphone seperti Wireless Apple Carplay maupun Android Auto dengan kabel. Sudah ada juga 10 Bose Premium Speaker sehingga kualitas suara lebih baik.

Keunggulan New Mazda CX5

New Mazda CX5 menjadi salah satu produk unggulan dan berhasil mencuri perharian banyak konsumen. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari berbagai keunggulannya, salah satunya desain keren dengan ukuran proporsional menggunakan konsep desain KODO.

Tidak hanya itu saja, terjadi rombakan penampilan pada eksteriornya yang dapat terlihat daru lampu depan LED dengan gabungan grille, signature wing, juga velg 19 inci. Berbagai rombakan penampilan ini membuat tampilannya menjadi semakin premium.

Selain itu, teknologi menggunakan fitur canggih sehingga bisa meningkatkan kenyamanan maupun keselamatan pengguna. Electric Seat menggunakan fungsi memori juga menjadi keunggulan New Mazda CX5 karena pengendara dapat mengatur posisi duduk hingga 8 arah.

Auto-Dimming Interior Mirror serta Active Driving Display merupakan dua fitur dengan teknologi canggih untuk membantu pengemudi lebih aman dan nyaman. Fiturnya membantu penglihatan kondisi lalu lintas di belakang dan menunjukkan kecepatan kendaraan.

Kelebihan berikutnya adalah mesin dengan menggunakan SKYACTIV-G 2.5 L atau versi terbarunya. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 190 PS dan torsi 252 Nm, juga meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Sistem keamanan juga sangat lengkap, menggunakan berbagai fitur dengan teknologi canggih. Pengendara bisa lebih mudah mengemudikan mobil dengan aman, juga menghindari kecelakaan dengan pengguna pengendara lain.

Terakhir adalah interior yang nyaman dengan berbagai fitur hiburan sehingga memberikan pengalaman menyenangkan selama perjalanan. Selain itu, jok berbalut kulit juga sudah dilengkapi dengan sandaran kepala yang bisa diatur oleh penumpang.

Kelemahan New Mazda CX5

Selain memiliki banyak kelebihan, ada beberapa kelemahan New Mazda CX5 yang dapat menjadi pertimbangan saat mencari kendaraan roda empat. Meskipun demikian, berbagai kekurangan ini tidak mengurangi kualitas maupun kenyamanannya.

Mobil Mazda memang fokus pada kesenangan mengemudi atau istilahnya Jinba-Ittai sehingga pengemudi menjadi satu di dalam kendaraan. Hal inilah yang membuat mobilnya tergolong sempit dan menjadi kurang leluasa jika digunakan ramai-ramai.

Ada banyak jok di dalam mobilnya dengan ukuran besar, juga banyak side support untuk mendukung kesenangan pengemudi. Hal inilah yang membuat ruangannya menjadi tidak terlalu luas untuk penumpang.

Oleh sebab itulah sangat penting memperhatikan kebutuhan kendaraan sebelum memilih New Mazda CX5. Sebab kekurangan ini membuat mobilnya kurang cocok digunakan untuk membawa keluarga besar.

Selain mengenai kabin sempit, kekurangan lainnya juga terlihat dari penggunaan lampu yang terlalu minimalis. Ukuran lampu di bagian belakang terlalu kecil dibandingkan badan bongsor sehingga desainnya menjadi terlalu sederhana.

Kekurangan terakhir adalah sparepart yang terlalu mahal, sebab semua model Mazda berstatus CBU atau impor secara utuh. Sparepart impor inilah yang membuatnya tergolong mahal jika dibandingkan mobil SUV lain di kelasnya.

Hal ini sangat penting diperhatikan, sebab mobil membutuhkan perawatan rutin, juga tidak jarang mengalami kerusakan. Jika memilih mobil SUV keluaran Jepang ini, maka harus bersiap dengan biaya perawatan maupun perbaikan yang cukup mahal.

Mobil SUV menjadi salah satu incaran banyak orang karena memiliki keunggulan dan fitur berteknologi canggih dalam semua aspek. Salah satu yang paling laris di Indonesia adalah New Mazda CX5 meskipun memiliki keunggulan maupun kelemahan dalam detail tertentu.