Mazda 2 Sedan generasi terbaru yang mengusung desain modern dengan berbagai fitur berteknologi canggih dibandingkan model sebelumnya. Tidak heran jika generasi sedan ini menjadi saingan beberapa kompetitor seperti Toyota Vios, Honda City, Juga MG 5 GT.

Berbagai fitur canggih yang tersedia memberikan kenyamanan berkendara, baik pengendara maupun penumpangnya. Selain itu, spesifikasi mulai dari interior, eksterior, juga mesinnya dapat menjadi pertimbangan untuk kendaraan keluarga elegan.

Meski demikian, sama seperti model mobil lainnya, Mazda 2 Sedan juga memiliki beberapa kekurangan dalam detailnya. Meskipun demikian, hal tersebut cukup tertutupi dengan lebih banyak kelebihan yang ditawarkan.

Fitur, spesifikasi, juga kelebihan maupun kekurangan menjadi pertimbangan ketika memilih kendaraan roda empat. Hal ini juga yang menjadi alasan mobil Mazda ini cukup populer dan diminati banyak orang.

Fitur Canggih Mazda 2 Sedan

Fitur merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika memilih kendaraan roda empat agar memberikan kenyamanan dan keamanan. Berikut adalah beberapa fitur Mazda 2 Sedan dengan teknologi canggih untuk penggunanya.

Pada aspek hiburan, varian ini memiliki fitur head unit berukuran 7 inci dengan sistem audio MZD Connect, Commander Control, juga 6 speaker di sudut-sudut kabin. Head unit layar sentuh ini dapat tersambung dengan Apple Carplay Android.

Bukan hanya itu sana, mobilnya juga sudah lengkap dengan Wireless Smartphone sehingga lebih mudah mengisi daya HP ketika berkendara. Pengoperasian head unit juga mudah, bisa melalui setir kemudi atau kenop pada konsol tengah.

Mazda 2 Sedan juga memiliki fitur unggulan yaitu i-Stop (idling stop system) yang bekerja ketika mobilnya sedang berhenti. Pengemudi hanya perlu menginjakkan rem untuk mematikan mesin, lalu akan kembali menyala saat remnya dilepaskan.

Sementara itu, fitur Cruise Control yang membantu pengemudi mengistirahatkan kaki sejenak saat kondisi jalan lancar dan kendaraan depan cukup aman. Sementara Head-Up Display (HUD) adalah panel transparan di atas dasbor yang menampilkan informasi seperti kecepatan.

Fitur Mazda 2 Sedan juga tidak terlepas dari segi keamanan maupun keselamatannya, salah satunya i-ActivSense. Teknologi ini sudah mencakup Blind Spot Monitoring (BSM) juga Rear Cross Traffic Alert (RCTA) sehingga akan muncul peringatan jika ada kendaraan lain mendekat.

Selain itu, masih cukup banyak fitur keamanan lain seperti ABS-EBD dan BA, Traction Control System (TCS), Hill Launch Assist (HLA), kamera serta sensor parkir belakang, dan sebagaunya. Semua fitur keamanan dapat mengurangi risiko kecelakaan selama berkendara.

Spesifikasi Mazda 2 Sedan

Pertimbangan spesifikasi tidak terlepas dari desain body Mazda 2 sedan yang sangat mungil. Panjang mobil 4.340 mm, sementara lebarnya 1.695 mm dan tingginya 1.479, cukup berbeda dengan ukuran saingannya yang cukup besar.

Dalam segi interior, sedan ini sudah lengkap dengan beragam fitur termasuk Engine Start/Stop, lengkap dengan audio control dan Bluetooth hands free. Beberapa fitur lainnya seperti paddle shift dan heap up display juga menambah kenyamanan berkendara.

Untuk segi eksterior, bagian depan mobilnya memiliki desain sama seperti hatchback, namun terlihat stylish karena grill dan aksen krom berbentuk sayap. Pencahayaan menggunakan LED projector dengan auto on/off, juga berkombinasi dengan Daytime Running Light (DEL).

Bagian belakang memiliki model lampu lebih pipih sehingga lebih elegan dibandingkan versi hatchback. Pada bagian bagasi, terdapat ruang besar sehingga dapat leluasa menaruh barang hingga 440 liter.

Sementara itu, spesifikasi Mazda 2 sedan dalam hal mesin juga unggul karena menggunakan teknologi SkyActiv-G berkapasitas 1.496 cc DOHC. Performa mesinnya tersalurkan dengan transmisi SkyActive Drive 6-percepatan otomatis maupun mode manual.

Mesin model Mazda terbaru ini bisa mengeluarkan tenaga hingga 111 PS pada putaran 6.000 rpm, sedangkan torsi puncak 144 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga ini sudah bisa menyaingi salah satu kompetitornya sehingga bisa menjadi pertimbangan.

Kelebihan dari Mazda 2 Sedan

Tidak perlu bingung jika ingin memilih Mazda 2 Sedan untuk kendaraan keluarga, sebab memiliki banyak sekali kelebihan. Salah satunya, mobil ini mampu menciptakan koneksi dengan pengemudinya melalui berbagai fitur yang ditawarkan.

Mobil ini menggunakan tuas rem tangan dengan balutan kulit sehingga memberikan kenyamanan pengemudi saat digenggam. Selain itu, jok pengemudi juga memiliki setelan manual 6 arah seperti pada model hatchback.

Setir juga sudah dilengkapi dengan kontrol audio, telephone, bluetooth, dan cruise control, selain itu paddle shift untuk perpindahan gigi lebih instan. Hal ini akan memberikan sensasi sporty dan istimewa kepada pengemudi.

Tidak hanya itu saja, varian unggulan ini juga telah membenamkan head up display bernama Active Driving Display. Fungsinya adalah menampilkan informasi berkendara, sedangkan Wireless Smart Integration berfungsi menjawab panggilan tanpa perlu memengang HP.

Keunggulan Mazda 2 Sedan juga tidak terlepas dengan mesin yang sama dengan versi hatchback. Mesin ini menggunakan unit SYACTIV-G 4 silinder segaris DOHC 16, sementara katupnya menggunakan S-VT dengan kapasitas murni 1,496cc.

Varian ini memiliki keunggulan karena memiliki Driving Mode Sport sehingga pengemudi bisa merasakan sensasi berkendara lebih agresif. Tidak hanya itu saja, respon roda depan yang ada pada gerakan kemudi juga lebih responsif.

Bagasi mobilnya juga lebih besar, sehingga pengguna akan lebih leluasa membawa banyak barang tanpa perlu khawatir kehabisan tepat untuk penumpang. Bukan hanya itu saja, ban serep menggunakan space saver sehingga ruang bagasi menjadi longgar.

Mengenal Kekurangan Mazda 2 Sedan

Meskipun memiliki cukup banyak keunggulan, Mazda 2 Sedan juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu menjadi perhatian ketika memilih kendaraan roda empat. Berikut beberapa kekurangan yang cukup mencolok dari varian mobil satu ini.

Kekurangan pertama, Mazda 2 memiliki jarak sumbu roda yang sama seperti versi hatchback, yaitu 2,570 mm. Padahal varian ini lebih panjang dari versi hatchback, yaitu 275 mm, namun tidak membuat kabinnya menjadi lebih luas.

Hal ini membuat ruang kaki penumpang di belakang kurang lega, berbeda dengan Toyota Vios maupun Honda City Sedan. Meskipun demikian, bangku bagian belakang tetap bisa terasa nyaman untuk penumpang dengan postur 170 cm ke atas.

Selanjutnya, meskipun head unit sudah lengkap dengan 6 spiker perangkat dengan fitur wireless AppleCarplay, namun penggunaan Android tetap harus pakai kabel. Selain itu, ukuran layar 7 inci sehingga terlalu kecil untuk berbagai fitur, akan lebih ideal jika layarnya 9 inci.

Terakhir, mengenai pemilihan mobil Mazda 2 Sedan, terdiri dari 5 pilihan yaitu Sour Red Crystal Metallic, Jet Black Mica, Snowflake Pearl Mika, Mechine Grey Metallic. Platinum Quartz Metallic merupakan pilihan warna terbaru saat ini.

Meskipun menyediakan beragam warna, namun calon konsumen harus mempersiapkan tambahan 4 juta untuk beberapa pilihan. Warna yang membutuhkan tambahan biaya adalah Soul Red Crystal Metallic dan Grey Metallic.

Selain itu, pilihan warna juga perlu menjadi pertimbangan, sebab tidak semua bengkel cat memiliki kualifikasi cat merah candy. Jika terjadi insiden yang membuat catnya tergores, maka harus menyerahkannya pada dealer Mazda terdekat untuk perbaikan.

Memilih kendaraan roda empat dengan berbagai fitur canggih dan spesifikasi mumpuni bisa memberikan pengalaman perjalanan lebih menyenangkan. Salah satu yang cukup populer dan terjangkau adalah Mazda 2 Sedan, lengkap dengan berbagai keunggulannya.