Tampilan terbaru Nissan Livina 2024 kini menjadi lebih sporty dengan berbagai perubahan, baik interior maupun eksterior. Keluaran terbaru ini kini menggunakan gaya SUV, oleh sebab itu tampilannya juga cukup berbeda dengan varian sebelumnya.

Tampilan baru yang lebih sporty dan elegan sehingga menambah minat masyarakat untuk mempertimbangkannya sebagai mobil keluarga. Tidak heran jika keluaran ini menjadi pesaing berat untuk kompetitor dengan konsep hampir serupa.

Meskipun terlihat hampir mirip dengan Xpander, namun sebenarnya Nissan Livina 2024 memiliki ciri khas dan desain berbeda. Meskipun demikian, harganya tidak terlalu jauh dengan pesaingnya sehingga mobil ini cukup banyak menjadi incaran.

Apalagi berbagai fitur dan spesifikasinya menjadi keunggulan tersendiri, sebab memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya. Sedangkan beberapa kekurangannya dapat menjadi pertimbangan tanpa mengurangi kualitasnya.

Spesifikasi Livina 2024

Meskipun memiliki kemiripan dengan Xpander, namun Nissan Livina 2024 memiliki desain interior yang dinamis, stylish, dan modern. Hal inilah yang membuat mobilnya lebih spesial dibandingkan dengan pesaing lainnya.

Beberapa sisi yang paling mirip dengan Xpander sendiri adalah bagian badan samping, sementara bagian depan memiliki grille lebih besar dan logo Nissan di tengahnya. Beberapa bagian inilah yang membedakannya dengan Mitsubishi Xpander.

Bukan hanya itu saja, varian ini juga sudah dilengkapi dengan Dual LED Signature yang berfungsi untuk DRL atau Daytime Running Light. Posisi lampu utama di bawah, sedangkan penerangan tambahan berupa Fog Lamp yang menyatu bumper bagian depan.

Tidak hanya eksterior, interior Nissan Livina 2024 juga tergolong mewah dan bisa menjadi pesaing Low MPV di kelasnya. Kabin sangat luas dan kedap suara sehingga pengguna lebih mudah selama perjalanan jauh maupun dekat.

Mobil ini cocok untuk keluarga sebab terdapat 3 baris kursi di dalamnya sehingga bisa menampung hingga 7 penumpang. Baris kedua maupun ketiga dapat dilipat sehingga dapat dijadikan sebagai bagasi.

Jantung pacu Nissan Livina 2024 menggunakan mesin berkapasitas 1.499 cc dengan keluaran tenaga maksimal 104 PS pada putaran 6.000 rpm, sedang torsi 141 NM pada 4.000 rpm. Sementara itu, sistem penggerak roda depan tersedia dalam varian manual maupun matic.

Bagian kaki memiliki dua varian, yaitu velg 15 inchi dengan ban berukuran 185/65-R15 dan velg ring 16 inchi dengan ukuran bannya 205/55-R15. Suspensi depan menggunakan MacPherson Strut sedang belakangnya Torsion Beam dengan Coil Spring.

Kenali Fitur Livina 2024

Nissan Livina 2024 menyediakan banyak fitur untuk menambah keamanan dan kenyamanan, baik untuk pengemudi maupun penumpangnya. Salah satu fitur yang cukup lengkap pada Nissan keluaran terbaru ini adalah pada aspek keselamatan.

Salah satu fiturnya adalah Hill Start Assist yang memiliki fungsi mencegah mobil mundur ke belakang saat berhenti sebentar ditanjakan. Selanjutnya ada Vehicle Dynamic Control berguna untuk membuat mobil tetap stabil saat manuver sehingga tidak tergelincir.

Kemudian terdapat fitur keselamatan Traction Control System yang memungkinkan mobilnya tetap nyaman dan aman ketika berakselerasi ditikungan. Hal ini karena Traction Control System dapat mencegah ban menggali selit sehingga sulit dikendalikan.

Selain aspek-apsek keselamatan, Nissan Livina 2023 juga memiliki fitur-fitur hiburan yang memberikan pengalaman berkendara menyenangkan. Beberapa fitur salah satunya speaker depan dan belakang, cocok untuk pengendara yang menyukai musik di perjalanan.

Fitur hiburan sudah menggunakan Head Unit yang sudah terintegrasi dengan smartphone menggunakan layar sentuh. Hal ini akan memberikan kemudahan kepada pengemudi untuk akses beragam fitur hiburan maupun informasi.

Fitur berupa kontrol audio dan panggilan telepon juga tersedia pada kemudi, sementara stop kontak 12 V ada di setiap baris kursinya. Hal ini menjadi nilai lebih sebab membuat penggunaan mobil menjadi lebih praktis dan fungsional.

Kelebihan dari Nissan Livina

Ada cukup banyak kelebihan Nissan Livina 2024 yang membuatnya banyak diminati oleh masyarakat. Seperti penjelasan sebelumnya, tampilan mobil ini memberikan kesan modern dengan V-Motion Grille sehingga desainnya menjadi lebih berkarakter.

Bukan hanya itu saja, bagian depan mobilnya sudah memiliki LED DRL yang menjadi kelebihan tersendiri. LED DRL ini memiliki desain yang sangat keren dan berpadu dengan lampu belakang LED sehingga terlihat futuristik.

Nissan Livina 2024 memiliki kelebihan berupa ruang kabin sangat luas, bahkan bisa menampung hingga 7 orang. Hal inilah yang membuat keluaran ini banyak diminati untuk mobil keluarga namun model tetap sporty dan kekinian.

Pada varian tipe tertinggi, sudah terdapar head unit 7 inchi yang tersambung dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Kelebihan ini memudahkan akses hiburan dan informasi sehingga pengalaman perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Semua varian Nissan Livina 2023 sudah lengkap dengan fitur keselamatan seperti sistem pengereman ABS, EBD, serta Dual SRS Airbag. Berbagai fitur keselamatan standar tersebut juga sudah dilengkapi dengan Engine Start/Stop Button.

Seperti pada penjelasan sebelumnya, Nissan keluaran terbaru ini memang memiliki banyak fitur keselamatan. Hal ini tentu akan memberikan keamanan pengemudi dan pengendara lain, juga meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Suspensi mobilnya juga empuk, sehingga tidak hanya membuat pengemudi lebih nyaman, penumpang lain juga mendapatkan pengalaman menyenangkan yang sama. Apalagi performa mesinnya juga responsif dengan konsumsi bahan bakar cukup irit.

Kelebihan terakhir adalah harga di pasaran yang tergolong kompetitif untuk kendaraan roda empat di kelasnya. Hanya dengan 200 jutaan saja sudah bisa mendapatkan berbagai varian dengan fitur-fitur berkelas.

Mengenal Kekurangan Nissan Livina

Meskipun memiliki cukup keunggulan, namun Nissan Livina 2023 terutama keluaran terbaru memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan agar tidak salah memilih kendaraan roda empat.

Varian paling baru memiliki performa yang jauh berbeda daripada Nissan Grand Livina sebelumnya. Terdapat penurunan mengenai performa mesinnya, misalnya varian sebelumnya memiliki pilihan mesin 1,8 dan 1,5 liter dengan transmisi otomatis berteknologi CVT.

Sementara pada versi terbaru, Livina menggunakan sistem penggerak sama persis seperti Mitsubishi Xpander. Mesin yang sebelumnya 1,5 liter HR15DE, kini menjadi mesin 4A91 MIVEC dengan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm, sedang torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm.

Padahal output mesin Grand Livina 1,5 pada versi sebelumnya memiliki tenaga 109 PS pada 5.600 rpm, sedangkan torsi puncak 143 NM pada 4.000 rpm. Bukan hanya itu saja, mesin sebelumnya juga sudah menggunakan teknologi twin VTC atau Variable-Valve Timing Control.

Tidak hanya itu saja, fitur keselamatan yang lengkap pada Nissan Livina 2024 juga hanya ada pada tipe atau varian tertinggi saja. Demikian juga dengan fitur dengan layar 7 inci hanya tersedia pada tipe-tipe paling mahal.

Terakhir, spare part Nissan cukup sulit didapatkan dan harganya mahal, meskipun kualitas maupun usia pakainya sebanding. Meskipun spare part lebih awet daripada kompetitor, namun biaya perawatan mahal harus tetap menjadi pertimbangan ketika membeli mobil.

Memilih kendaraan roda empat memang perlu mempertimbangkan berbagai faktor, mulai dari fitur hingga kelebihan dan kekurangannya. Oleh sebab itu, review Nissan Livina 2024 akan sangat membantu pertimbangan mencari kendaraan roda empat.