Suzuki Grand Vitara adalah salah satu merk mobil yang sudah rilis di Indonesia pada tahun 2023. Merk ini bisa dikatakan masih keluaran terbaru, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memilikinya. Merk ini juga memiliki spesifikasi dan fitur terbaik yang memudahkan.

Mobil ini tergolong keluaran Suzuki yang sukses menarik perhatian orang – orang yang membutuhkan kendaraan roda 4. Kamu bisa mendapatkan kendaraan ini untuk kepentingan pribadi atau keperluan keluarga, terutama untuk keluarga yang beranggotakan 5 orang saja.

jika kamu ingin memilikinya, kamu harus tahu apa saja spesifikasi terbaik, fitur, kelebihan dan kekurangannya. Kamu bisa membaca detail informasi tersebut agar bisa mempertimbangkan untuk memilih merk baru dari Suzuki ini.

Spesifikasi Mobil Grand Vitara

Bagi kamu yang memiliki keluarga berjumlah 5 orang, maka mobil ini adalah pilihan yang tepat. Selain bisa muat sampai 5 orang, kursinya juga tidak terasa sesak, justru terasa nyaman.

Jika ingin menggunakan Suzuki Grand Vitara, kamu bisa menggunakan bahan bakar bensin. Mobil ini cocok untuk orang yang bisa mengoperasikan transmisi secara manual. Kecepatan mobilnya juga cukup bagus, yaitu kapasitas mesin 1462 cc, tenaga 102 hp, dan torsi sampai 137.

Spesifikasi lainnya adalah Park Sensor atau sensor yang bisa memudahkan parkir. Tidak semua pengemudi bisa memarkirkan mobilnya dengan cepat dan tepat, sehingga Park Sensor pasti akan sangat membantu jika sistem ini sudah ada di mobil.

Park Sensor bisa langsung aktif ketika kamu menekan tombol P atau parkir. Biasanya tombol ini terletak di bagian setir atau alat kendali kemudi. Park Sensor akan memandu parkir sampai aman dengan menunjukkan tampak belakang mobil, yaitu menggunakan kamera belakang.

Anti Theft Device juga tersedia pada merk ini, karena keamanannya sangat ketat. Anti Theft Device berfungsi sebagai anti maling. Cara kerjanya adalah memasang chip di dalam kendaraan, kemudian chip itu akan memblokir pencurian menggunakan kunci palsu.

Dengan Anti Theft Device, kamu tidak perlu takut lagi mengendarai Suzuki Grand Vitara ke daerah rawan pencurian. Anti Theft Device tentu sangat bermanfaat baik untuk kamu yang suka memakai kunci saat menjalankan mobil atau memakai Keyless Entry.

Selain spesifikasi yang cukup mumpuni tersebut, tentu saja keluaran Suzuki ini memiliki fitur yang akan memudahkan para pengguna dalam berkendara. Jika kamu berencana untuk memilikinya, maka pahami dulu apa saja fitur lengkap di dalamnya.

Fitur Mobil Grand Vitara

Fitur adalah salah satu pertimbangan yang akan dipikirkan oleh orang – orang ketika ingin membeli kendaraan. Jika kamu ingin membeli kendaraan merk Grand Vitara, sebaiknya pahami penjelasan tentang fiturnya terlebih dulu.

Salah satu fitur unggulan Suzuki Grand Vitara Automatic Head Lamps atau fitur untuk menyalakan lampu depan secara otomatis. Lampu adalah bagian dari kendaraan yang penting, terutama saat malam hari, karena dapat menerangi jalan dan mencegah terjadinya kecelakaan.

Automatic Head Lamps bermanfaat untuk pengemudi saat lupa menyalakan lampu. Biasanya Automatic Head Lamps akan langsung menyala ketika mobil masuk ke jalanan gelap.

Merk ini juga dilengkapi dengan Cruise Control atau untuk mengatur kecepatan kendaraan. Cruise Control memang lebih sering digunakan karena mudah untuk mengatur kecepatan dibanding menginjak pedal gas.

Cruise Control juga mudah diakses, karena kamu bisa menekan tombol pengatur kecepatan di setir. Cruise Control juga memudahkan kontrol kendaraan agar kecepatannya stabil, sehingga akan menghemat bahan bakar serta lebih aman untuk pengguna mobilnya.

Fitur pelengkap lainnya adalah kontrol sudah lengkap dari setir. Alat kendali kemudi pada umumnya hanya digunakan untuk menyalakan lampu sein, bel, atau menyetir. Namun alat setir di merk mobil ini memiliki banyak tombol akses.

Terdapat tombol untuk membuka tutup spion elektrik, menyalakan lampu, mengaktifkan sensor parkir, dan masih banyak lagi. Kemudahan akses dari alat kemudi tentu sangat membantu pengemudi. Bahkan bisa dikatakan semua akses bisa dilakukan hanya dari tombol di alat setir.

Fitur lainnya yang cukup memudahkan adalah adanya cup holder di samping kursi. Cup Holder bisa digunakan untuk meletakkan minuman baik dalam bentuk botol atau cup plastic.

Kelebihan Mobil Suzuki Grand Vitara

Mobil ini tentu memiliki kelebihan yang membuatnya semakin diminati sebagai kendaraan roda 4 yang cukup canggih. Kelebihannya meliputi berbagai penerapan teknologi yang sangat masih cukup jarang dilakukan pada kendaraan roda 4 lainnya.

Kelebihan yang masih cukup jarang ditemukan pada mobil adalah Keyless Entry atau bisa masuk ke dalam mobil tanpa menggunakan kunci. Keyless Entry baru – baru ini dikembangkan dan diterapkan ke beberapa kendaraan merk Suzuki. Kelebihan ini disukai oleh banyak orang.

Alasannya adalah karena Keyless Entry sebenarnya sangat cocok untuk pengemudi yang sering lupa meletakkan kunci. Awalnya Keyless Entry dianggap berbahaya, karena diperkirakan bisa dibobol maling, namun ternyata Keyless Entry memiliki sistem keamanan sangat ketat.

Juga terdapat fitur Suzuki Grand Vitara yang sangat memudahkan bagi pengendara, yaitu Anti Lock Bracking System. Fitur tersebut terletak di bagian roda dan berhubungan dengan rem. Jika kamu terpaksa rem mendadak saat berkendara, roda tidak akan terkunci sendiri setelah itu.

Anti Lock Bracking System memang sangat dibutuhkan, karena tidak jarang ada masalah saat perjalanan yang membuatmu harus rem mendadak. Tanpa Anti Lock Bracking System, roda pasti tidak bisa bergerak setelah rem mendadak, sehingga menghambat perjalanan kendaraan lain.

Semua kursi memiliki Head and Arm rest, yaitu tempat untuk meletakkan tangan dan kepala agar bisa istirahat lebih nyaman di dalam mobil. Head and Arms Rest tidak selalu tersedia di semua merk mobil, sehingga kelebihan ini sangat disukai.

Apalagi biasanya kendaraan roda 4 tidak memberikan fasilitas Head Rest untuk kursi penumpang belakang. Dengan Head and Arms Rest di semua kursi, maka semua penumpang bisa istirahat dengan layak.

Kekurangan Mobil Suzuki Grand Vitara

Sayangnya mobil ini masih memiliki kekurangan, meskipun sudah menjadi salah satu merk kendaraan roda 4 yang cukup maju di bidang teknologi modern. Kekurangan utamanya adalah kapasitas penumpang hanya bisa sampai 5, sehingga tidak bisa untuk banyak orang.

Jika dilihat dari jenis transmisi, sebenarnya merk Suzuki Grand Vitara juga memiliki kekurangan yaitu hanya tersedia versi manual. Hal ini tentu menyulitkan orang – orang yang tidak bisa mengoperasikan kendaraan roda 4 menggunakan cara manual.

Itu sebabnya untuk mengendarai merk ini, setidaknya kamu harus memiliki pengalaman mengoperasikan kendaraan dengan cara manual.

Kekurangan lainnya adalah harga cukup mahal, sehingga tidak semua orang bisa memilikinya. Namun sebagian orang merasa tidak keberatan dengan harga cukup tinggi, karena jika dilihat dari fitur, spesifikasi dan teknologinya, harga tersebut masih cukup sesuai.

Berdasarkan spesifikasi, kelebihan, kekurangan dan fitur tersebut, kamu bisa mempertimbangkan untuk membelinya sesuai kebutuhan. Baik untuk orang tua atau anak muda, Suzuki Grand Vitara pasti sangat cocok dikendarai.