Nissan Serena pernah mendapatkan penghargaan medium van terbaik ketika tahun 2020. Sebagai bagian dari segmen mobil keluarga, kendaraan tersebut memang cukup populer di tanah air.

Alasan kepopulerannya adalah karena kenyamanan yang ditawarkan. Termasuk adanya beragam fitur canggih seperti foot sensor pada pintu samping.

Tidak berhenti sampai di situ, Nissan Serena mempunyai desain interior dan eksterior menawan. Jadi, bukan hanya terasa nyaman ketika mengendarainya. Namun penampilannya juga menarik.

Spesifikasi Mobil MPV Nissan Serena

Spesifikasi Nissan Serena mengandalkan mesin MR20 bertipe 4 cylinder DOHC. Mesin petrol dengan kapasitas 2 L sudah bisa mengeluarkan daya sampai 150 PS dan torsi 199 kgm.

Untuk penyaluran tenaganya tidak mengalami kendala. Perpaduan transmisi pintar CVT berpadu dan ECO-driving membuat penyaluran tenaganya justru efisien.

Spesifikasi kendaraan roda 4 ini sudah cukup mumpuni khususnya untuk aktivitas sehari-hari. Kamu dapat mengendarainya di dalam maupun luar kota.

Untuk segmen mobil keluarga sendiri memang tidak memerlukan tenaga besar layaknya SUV. Terutama jika hanya perlu menggunakannya di jalan raya yang mulus.

Nissan Serena termasuk mobil MPV dengan dimensi begitu besar. Pada bagian depan dan belakangnya, terdapat suspensi dan stabilizer. Jadi, tidak akan menjadi gangguan bagi penumpang tatkala terjadi goncangan.

Eksterior pada bagian depan berupa headlamp tipe LED Projector dan fog lamp. Lampu depannya mempunyai fungsi canggih sehingga membantu pengemudi untuk berkendara. Sementara pada bagian belakang ada lampu LED dengan roof spoiler.

Beralih ke bagian samping, kendaraan roda 4 ini mempunyai 5 pintu geser dengan fitur kick sensor. Lalu ada velg berukuran 16 inci dengan kesan sporty.

Interior Nissan Serena juga tidak kalah menawan. Mobil yang mampu menampung 7 orang ini menawarkan kabin nyaman bagi pengemudi maupun penumpang.

Di bagian dashboard, ada layar interaktif 7 inci yang bisa tersambung dengan smartphone untuk beragam keperluan. Di area pengemudi juga banyak tombol untuk mengaktifkan fitur kendaraan seperti tombol Start/Stop mesin, mode ECO, Cruise Control dan lain lain.

Sementara untuk kursinya mengandalkan material berkualitas dengan permukaan lembut. Jadi, terasa nyaman untuk duduk dalam waktu lama.

Fitur Andalan MPV Nissan Serena

Nissan Serena menyediakan beberapa fitur andalan dan canggih guna mendukung kinerja mobil. Misalnya saja sistem pengereman canggih berupa ABS, EBD dan BA. Sistem tersebut begitu efektif dalam mengontrol laju kendaraan secara optimal.

Ada juga fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) yang bermanfaat dalam menjaga kestabilan kontrol mobil. Fitur tersebut mengandalkan sensor yang sudah tertanam pada kendaraan.

Kendaraan roda 4 ini juga menawarkan fitur keselamatan bagi setiap orang. Pada kursi, terdapat sabuk pengaman 3-point ELR, lengkap dengan airbag. Jadi, keselamatan pengemudi maupun penumpang akan terjamin.

Untuk baris depan, ada front, side dan curtain airbag. Sementara pada baris kedua dan ketiga terdapat curtain airbag. Seluruhnya bermanfaat menjaga keselamatan.

Sebagai fitur hiburan, Nissan Serena menyediakan monitor tengah berukuran 7 inch dengan Smart Connectivity. Ada juga fitur monitor pada plafon dengan ukuran 11 inch, soket cas USB, sensor parkir hingga Safety Brake Assist.

Kendaraan roda 4 ini juga memanjakan penumpang di baris kedua melalui sistem Touchless Sliding Door, lengkap dengan Foot Sensor. Kamu dapat membuka pintu tanpa menyentuhnya dengan tangan, cukup menggerakkan kami.

Berbicara tentang kursi, tersedia juga fitur 14 Seats Variant. Melalui fitur ini, tersedia 14 variasi format pengaturan kursi. Fleksibilitas ini tentu semakin membuat perjalanan terasa nyaman.

Kenyamanan juga semakin didukung dengan AC Dual Zone Control Autoclimate. Sistem pendingin ini dapat memberikan kesejukan secara otomatis sebab terdapat ventilasi pada bagian belakang.

Fitur lain ialah Cup Holder, Traction Control System (TCS), Hill Start Assist, Side Impact Beam hingga layar MID panel TFT 7 inch dengan sistem digital guna mendukung pengemudi dalam berkendara.

Keunggulan Mobil MPV Nissan Serena

Mengingat adanya teknologi canggih dan fitur andalan, tentu menjadi keunggulan tersendiri bagi Nissan Serena. Salah satu keunggulannya ialah eksterior mewah.

Desainnya modern dalam konsep The Ingenious MPV dengan gaya Two-One Color. Desain tersebut menghadirkan kesan mewah dan elegan. Khususnya di bagian grill depan yang desainnya khas V-Shaped.

Untuk bagian lampu utamanya yang mengandalkan Halogen (tipe X) atau LED (tipe Highway Star) bukan sekedar menjalankan fungsi biasa. Kamu bisa memanfaatkan pilihan leveling headlamp manual atau otomatis.

Kelebihan lain ialah adanya fitur bagasi ganda atau Dual Back Door. Ini begitu memudahkan tatkala ingin memasukkan banyak barang. Khususnya ketika parkir di tempat yang sempit.

Sementara bagian interior juga tidak kalah menarik. Misalnya saja fitur Head Unit dengan teknologi Intelligent Around View Monitor (I-AVM) yang memudahkan pengemudi untuk parkir. Karena bisa melihat secara menyeluruh terkait keadaan di sekitar kendaraan.

Keunggulan interior lainnya ialah material kulit premium pada kursi. Jadi, kesannya terasa lembut dan nyaman untuk diduduki. Jadi tidak akan terasa melelahkan meskipun melalui perjalanan panjang.

Kursi pada baris kedua juga bisa dimundurkan sampai ke belakang. Jadi, kamu bisa merasakan ruang kaki jauh lebih luas. Sementara jika ingin mendapatkan ruang bagasi lebih luas, cukup menggeser kursi pada barus kedua dan ketiga.

Bukan hanya eksterior dan interiornya yang unggul. Nissan Serena juga menawarkan mesin dan performa mumpuni. Mesinnya efisien, efektif dan menghasilkan tenaga besar karena berpadu dengan transmisi CVT with ECO.

Kekurangan Mobil MPV Serena

Meskipun mempunyai banyak kelebihan, tentu dalam Nissan Serena juga tersimpan kelemahan. Misalnya saja pada interiornya kerap terdengar suara yang mengganggu.

Suaranya seperti decitan mirip gesekan jok. Sebenarnya suara ini tidak mengganggu kinerja mesin mobil. Akan tetapi, bagi sebagian orang, suara sedikit saja bisa terasa mengganggu.

Kelemahan lainnya ialah penggunaan Power Steering Hidrolik. Kebanyakan kendaraan dalam kelas ini sudah mengandalkan teknologi Electric Power Steering. Jadi, mungkin ini bisa terasa ketinggalan zaman.

Boros bahan bakar atau BBM juga termasuk kelemahan kendaraan roda 4 ini. Sebenarnya mesinnya cukup responsif. Akan tetapi, penggunaan bahan bakar boros tidak terhindarkan.

Alasan utama mengapa konsumsi bahan bakarnya boros ialah ukuran mobilnya cukup besar. Jadi, mesin pasti memerlukan tenaga besar ketika akselerasi awal sehingga mampu menjalankan mobil berukuran besar dan berbobot berat tersebut.

Kendaraan roda 4 tersebut memang mampu memberikan akselerasi halus dan bertenaga. Akan tetapi, kamu perlu menanggung kelemahan borosnya bahan bakar.

Kekurangan yang perlu kamu perhatikan jika kerap melalui jalanan kasar berbatu ialah kerusakan Grommet Steer dan Link Stabilizer. Jika bisa, lebih baik menghindari jalanan kasar dan kecepatan tinggi untuk menjaga kaki-kaki Nissan Serena.

Apabila Grommet Steer dan Link Stabilizer bermasalah, handling kendaraan juga turut bermasalah. Lantas, terjadinya keausan pada ban juga tidak merata. Solusinya ialah mengganti atau memperbaikinya melalui bengkel.

Nissan Serena adalah mobil MPV premium yang menawarkan desain mewah dengan kabin lega bahkan bagasinya bisa didapatkan lebih luas cukup menggeser kursi. Akan tetapi, jangan lupa perhatikan kekurangannya.