Daihatsu Rocky adalah SUV dengan harga terjangkau yang cocok untuk beragam keperluan. Kamu bisa menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari maupun berpetualang.

Mobil SUV andalan Daihatsu ini mempunyai performa mesin tangguh dan desain kokoh. Tidak heran jika bisa melalui berbagai medan jalan, bukan hanya jalan raya di perkotaan.

Mari mengulas lebih dalam mengenai spesifikasi, fitur, kelebihan dan kekurangan Daihatsu Rocky. Kamu bisa menjadikan informasinya sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli.

Spesifikasi Mobil SUV Daihatsu Rocky

Spesifikasi Daihatsu Rocky mengandalkan mesin 996 cc dengan 3 silinder dan 12 katup. Mesinnya juga memuat Incooler Turbo yang mempunyai pendingin cairan.

Mesin ini dapat memuntahkan tenaga 98,5 Hp/6.000 rpm dan torsi hingga 140Nm/4.000 rpm. Karenanya, kamu dapat membawanya dalam kecepatan tinggi. Bobot mobilnya yang terbilang berat tidak akan mempengaruhi kecepatannya.

Besarnya tenaga mesin didukung oleh tangki bahan bakar yang mencapai kapasitas 36 liter. Penggunaan bahan bakarnya cukup irit jadi tidak perlu terlalu sering mengisi BBM untuk perjalanan jauh.

Sementara untuk sistem rem mengandalkan Ventilated Disc Brake. Ventilated Disc ialah piringan rem cakram berlubang dengan desain khusus berupa lubang-lubang pada piringan.

Desain lubang bermanfaat dalam mendorong efisiensi pendinginan maupun percepatan dispersi panas. Jadi, kehadirannya sangat berperan penting dalam pengereman yang efektif.

Tampilan Daihatsu Rocky juga tidak kalah menarik. Desain eksterior memberikan kesan sporty karena adanya grill besar dan LED berbentuk sedikit runcing.

Temukan juga tampilan kap mesin dengan lekukan tegas yang tampak gagah. Lalu, adanya bumper yang dipasang tinggi memberikan tampilan eksklusif.

Sementara tampilan belakangnya tidak kalah keren sebab adanya lampu LED dan pilar D yang menggantung. Jadi, eksterior depan dan belakang sama-sama tampak bagus.

Beralih ke interior, kendaraan roda 4 ini mempunyai kabin luas dan mampu menampung sampai 5 orang. Karena banyaknya seat yang tersedia, kamu bisa menggunakannya untuk bepergian bersama teman, keluarga maupun saudara.

Di dalam kabinnya juga terdapat dashboard berwarna abu-abu. Sementara pada bagian AC, ada aksen alumunium. Desain dashboard memberikan kesan sporty pada interior mobilnya.

Fitur Andalan Mobil SUV Rocky

Daihatsu Rocky menawarkan banyak sekali fitur andalan. Sebut saja rem ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake Distribution).

Rem ABS ialah teknologi sistem pengereman yang mampu mendukung keselamatan. Sebab bisa mencegah roda mobil terkunci tatkala pengemudi mengerem secara mendadak.

Sedangkan Electronic Brake Distribution (EBD) ialah fitur yang mengendalikan pengereman mendadak pada kendaraan. Sehingga stabilitas mobilnya senantiasa terjaga.

Electronic Brake Distribution (EBD) akan mengatur keseimbangan roda yang bergerak dengan kecepatan berbeda begitu kamu mengerem secara mendadak. Jadi, tidak akan terjadi selip atau oversteer.

Daihatsu Rocky juga menyediakan fitur hiburan. Misalnya saja In-Car Entertainment System. Ada 4 speaker, layar sentuh 9 inci sampai 2 unit tweeter. Kamu dapat mengakses fitur hiburannya menggunakan kabel USB maupun bluetooth.

Berkendara juga akan terasa nyaman karena adanya fitur Active Subwoofer. Fitur ini berupa perangkat audio yang mendukung kualitas suara bass dalam sistem audio kendaraan.

Ada juga fitur navigasi untuk mendukung pengemudi. Kamu bisa memanfaatkannya untuk berkendara secara nyaman meskipun tidak hapal dengan arah jalan. Cukup mengandalkan fitur navigasi sebagai penunjuk jalan.

Supaya terasa lebih praktis, tersedia fitur Android CarPlay. Melalui konektivitas, kamu bisa mengakses fungsi perangkat pintar mulai dari musik sampai navigasi. Cukup mengandalkan layar sentuh atau tombol pada Daihatsu Rocky.

Tersedia juga fitur keamanan berupa Daihatsu Smart Assist. Fitur tersebut memuat sejumlah fitur keamanan lain, misalnya saja Adaptive Cruice Control, Rear Cross Traffic Alert dan Lane Keep Assist.

Untuk memudahkan parkir, ada fitur Rear Parking Camera. Kamu bisa melihat objek, kendaraan maupun manusia yang mungkin ada di belakang Daihatsu Rocky. Jadi, lebih mudah untuk memarkirkan mobilnya tanpa menabrak.

Keunggulan Mobil SUV Daihatsu Rocky

Banyak keunggulan ditawarkan oleh Daihatsu Rocky. Salah satunya ialah ruang kabin multifungsi. Tersedia panel instrumen, setir multifungsi hingga sistem kontrol AC.

Lantas, untuk tampilan kabinnya terbilang sporty dan mewah. Ada head unit pada bagian tengah dasbor yang membuatnya memaksimalkan tampilan mewah mobil.

Di samping ada kabin multifungsi, ada juga 2 Stage Luggage Board. Kamu dapat memilih opsi lantai bagasi lebih rendah untuk keadaan normal. Lantas, jika bangkunya dilipat, lantai bagasi dapat diposisikan lebih tinggi.

Desain eksteriornya juga tampak lebih menarik daripada mobil SUV lain. Sebab, bentuknya bukan cenderung kotak. Tampilannya justru tampak agresif sebab lekuk bodi tajam dan agresif.

Tampilan gagahnya didukung juga oleh pelek lebar berukuran 17 inci. Untuk mobil dari kompetitor biasanya hanya menggunakan pelek berukuran 16 inci.

Bukan hanya pelek, mobil ini juga menyediakan Ground Clearance cukup tinggi. Hal ini menjadikanmu dapat melewati jalanan rusak tanpa rasa khawatir. Nikmati perjalanan dengan beragam medan jalan dengan percaya diri.

Kendaraan roda 4 ini juga lebih irit bahan bakar dibandingkan mobil SUV lain. Iritnya bahan bakar bukan hanya karena mesin yang canggih. Melainkan juga adanya teknologi penggunaan gigi split.

Keunggulan lain ialah terdapat 2 varian penggerak berbeda, yakni 2WD dan 4WD. Kamu boleh memilih salah satunya sesuai keperluan. Bisa mempelajari perbedaannya terlebih dahulu sebelum memilih.

Meskipun mempunyai banyak fitur, kamu bisa membeli Daihatsu Rocky dengan harga murah. Cukup pilih saja varian mobilnya dengan uang yang dimiliki.

Kekurangan Mobil SUV Daihatsu Rocky

Sekarang, mari membahas sisi negatif dari Daihatsu Rocky. Pertama, kekurangannya adalah tidak mempunyai Cruise Control. Tentu ini terasa tertinggal dari para kompetitor seperti Toyota.

Kamu juga tidak akan menemukan Tyre Pressure Monitor System (TPMS) pada Daihatsu Rocky. Ini adalah fitur untuk memantau tekanan angin ban.

Kekurangan lainnya ialah tidak ada ventilasi AC pada baris kursi belakang. Sebenarnya bangku belakang dapat menampung sampai 3 orang. Namun, tidak tersedia fasilitas ventilasi AC.

Selain tidak adanya ventilasi AC, tidak tersedia juga sandaran tangan pada bangku baring kedua. Sebenarnya sandaran tangan lebih difungsikan untuk kemewahan. Tanpa adanya sandaran tangan, perjalanan tetap terasa nyaman.

Meskipun irit bahan bakar, tangki bahan bakar terbilang kecil. Jadi, mungkin kurang cocok untuk orang-orang yang membutuhkan tangki bahan bakar besar.

Jika dibandingkan dengan mobil SUV lain, mungkin kamu juga akan merasa tenaga yang dihasilkan kurang mumpuni. Tentu tenaga adalah pertimbangan penting untuk membeli mobil.

Selain tenaga, bantingan suspensi juga terasa kurang maksimal. Kurangnya kemampuan suspensi ini mungkin akan menyulitkanmu ketika melalui jalan yang bergelombang atau rusak.

Pada bagian tampilan mobil juga ada kekurangan yakni kurangnya konsistensi presisi. Tampak ada celah antara panel bodi maupun sambungan bodi. Kurangnya presisi tentu menjadikan tampilan mobilnya kurang maksimal.

Jika ingin mempunyai mobil SUV dengan harga terjangkau dan irit bahan bakar, Daihatsu Rocky adalah solusinya. Akan tetapi, antisipasi juga kekurangannya sebelum memilih kendaraan ini.