Rajin merawat aki mobil menjadi suatu hal paling penting bagi para pemilik kendaraan. Aki merupakan salah satu komponen paling penting pada mobil sebagai tenaga pada mesin mobil. Jadi bagi orang yang jarang menggunakan mobil perlu memperhatikan kesehatan aki nya. Banyak hal yang membuat orang malas menggunakan mobil, salah satunya yaitu kemacetan di jalan.

Jika mobil lama tidak dinyalakan atau dipakai dalam jangka waktu cukup lama akan berdampak pada kesehatan akinya. Aki bermasalah akan menyebabkan mesin kendaraan tidak dapat dinyalakan termasuk komponen kendaraan lain yang membutuhkan listrik untuk menyala. Tentunya Anda tidak ingin mengalami hal ini, karena akan membuat Anda pusing tujuh keliling.

Anda mungkin saja berpikir simple cukup mengganti akinya saja. Akan tetapi perlu diperhatikan juga, bagaimana jika kerusakannya meluas pada komponen lain? Kalau begitu, Anda harus menanggung biaya lebih besar lagi selain aki mobil. Oleh karena itu, berikut kami jabarkan 5 tips mudah dalam melakukan perawatan aki mobil.

Cek Kondisi Fisik Aki

Tips merawat aki mobil yang pertama adalah melakukan pengecekan pada kondisi fisik pada aki. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah ada muncul korosi pada kutub aki atau sambungan. Kalau Anda menemukan adanya korosi, maka kemungkinan besar arus daya pada aki akan terganggu.

Biasanya korosi ditemukan pada kutub positif di bagian atas aki. Jadi, sebelum korosi tersebut bisa mengakibatkan penurunan performa aki, maka Anda harus segera membersihkan korosi tersebut. Caranya cukup mudah, Aki cukup disiram dengan air panas lalu sikatlah dengan sikat gigi bekas hingga korosinya dapat hilang.

Cek Kondisi Kabel Terminal Aki

Tips merawat aki mobil yang kedua adalah melakukan pengecekan pada kabel terminal aki. Bagian ini selalu dicek oleh montir saat Anda lakukan servis mobil di bengkel. Hal ini bukan tanpa alasan, kabel terminal aki sangatlah penting karena pada bagian ini terhubung dengan komponen-komponen mobil yang membutuhkan arus listrik.

Pastikan apakah sambungan terminal aki kendor atau tidak, karena hal ini dapat membuat proses pengisian daya pada aki menjadi tidak maksimal. Di lain sisi, kendornya sambungan terminal aki ini dapat menyebabkan komponen kelistrikan pada mobil menjadi tidak stabil. Jadi, Anda jangan lupa untuk mengeceknya ya.

Perhatikan Kondisi Air Aki

Tips merawat aki mobil yang ketiga adalah memperhatikan kondisi air aki. Untuk tips yang ini hanya berlaku pada pengguna aki basah yang umumnya saat ini jarang digunakan. Hal ini dikarenakan penggunaan aki basah tidak praktis karena penyimpanan daya dipengaruhi kondisi air aki.

Apabila air aki ada dalam kondisi di bawah standar maka penyimpanan daya tidak akan maksimal. Selain itu, kondisi air aki yang kurang ini dapat menyebabkan arus daya pada aki menjadi menurun. Dengan begitu, kemungkinan komponen kelistrikan lainnya pada mobil akan bermasalah semakin besar dan bisa semakin parah.

Panaskan Mesin Mobil

Tips merawat aki mobil yang keempat adalah memanaskan mesin kendaraan. Cara atau tips ini terbilang sangat mudah dan cocok dilakukan pada kendaraan yang jarang digunakan. Cara ini mampu menjaga performa aki agar tetap optimal dan terhindar dari kerusakan.

Panaskan cukup beberapa menit saja, maka Anda dapat mencegah kemungkinan aki kekurangan daya. Dengan begitu, arus tegangan pada aki dapat memasok daya pada seluruh komponen kelistrikan yang ada pada mobil. Pada akhirnya cara ini dapat mencegah kerusakan pada komponen-komponen kendaraan tersebut.

Bawa Mobil Berkeliling

Tips terakhir sebenarnya adalah cara untuk memaksimalkan kesehatan aki. Dengan memanaskan mobil sudah cukup bisa merawat aki, tapi dengan membawa mobil berkeliling terbilang jauh lebih baik. Hal ini dikarenakan komponen pengisi daya pada mobil, baru dapat memasok daya ke aki sewaktu putaran mesin sudah mencapai 2.000 rpm sehingga bisa berfungsi maksimal.

Jadi, sangat disarankan untuk membawa mobil berkeliling setidaknya 30 hingga 40 menit agar memastikan putaran mesin Anda telah mencapai 2000 rpm. Dengan begitu, pengisian daya aki pada mobil Anda akan menjadi lebih maksimal dan aki pun bisa digunakan untuk perjalanan Anda.

Meskipun merawat aki terbilang cukup mudah, bagi beberapa orang sering menghiraukan hal ini karena malas untuk merawatnya. Bagi Anda yang jarang menggunakan mobil, Anda wajib merawat aki mobil secara rutin. Selamat mencoba!