Ada beberapa kelemahan mobil matic saat melewati tanjakan yang wajib Anda tahu sebelum membeli. Mobil matic banyak digemari di era modern ini karena lebih memudahkan pengendara, terlebih untuk para wanita. Namun kelemahan ini bisa mendatangkan banyak gangguan jika Anda tidak memahaminya dengan baik.

Seperti yang kita ketahui, ada dua jenis transmisi kendaraan yang bisa kita dipilih yaitu otomatis (matic) dan manual. Pada mobil matic akan kesulitan menghadapi jalanan yang menanjak sehingga dapat menimbulkan permasalahan lainnya. Untuk mencegah kondisi seperti ini tentunya diperlukan trik khusus. Yuk kita simak apa saja kelemahan mobil matic saat melewati tanjakan.

Terjadinya Kebocoran Pada Cairan Transmisi

Hal pertama yang sering terjadi pada mobil matic saat melewati tanjakan adalah kebocoran pada cairan transmisi. Masalah ini tidak terjadi secara langsung, namun biasanya Anda bisa lihat setelah menggunakan mobil matic melewati tanjakan itu sendiri.

Biasanya pada lantai bagian bawah mobil akan muncul cairan merah atau hitam, dimana cairan ini adalah cairan transmisi. Keluarnya cairan ini adalah bukti jika bagian transmisi mengalami kebocoran. Namun Anda tak perlu panik karena kebocoran ini.

Biasanya kebocoran transmisi ini bisa diselesaikan dengan penggantian cairan beserta filternya tepat waktu. Sesuaikan saja dengan kondisi dan merk mobil Anda, karena setiap kendaraan memiliki spesifikasi yang berbeda.

Mengalami Selip Pada Transmisi

Hal lain yang menjadi kelemahan mobil matic ketika menaiki tanjakan adalah terjadi transmisi selip. Jika terjadi masalah seperti ini, akan menimbulkan suara yang aneh dan tidak biasa pada bagian bawah kendaraan Anda. Selip ini disebabkan oleh pindahnya satu parts gigi pada mobil ke bagian gigi lain tanpa Anda memindahkannya.

Ciri pada kondisi ini yang paling terasa adalah daya dorong atau akselerasi yang mendadak hilang. Sebenarnya kelemahan satu ini tidak menjadi sebuah fatal error. Selip transmisi juga bisa menjadi tanda jika parts transmisi pada mobil sudah usang dan mengalami kondisi aus. Jadi Anda perlu melakukan penggantian dan servis sesegera mungkin untuk mengatasinya sebelum semakin parah.

Kegagalan Pada Sistem Komponen Listrik

Kelemahan mobil matic saat melewati tanjakan lainnya adalah sistem komponen kelistrikan mengalami kegagalan. Bagian yang paling sering menjadi korban adalah sensor kecepatan (Speedometer) dari mobil itu sendiri. Jika hal terjadi secara tiba-tiba, ini menjadi salah satu pertanda jika kendaraan Anda harus diperbaiki.

Jika Anda biarkan tanpa perbaikan, kerusakan sistem listrik tersebut akan merambat pada bagian lainnya dan membuat jaringan elektrikal pada mobil mengalami kerusakan total. Jangan tunda, segera lakukan servis jika mengalami hal ini.

Kerusakan Pada Gear Shift Lock dan Flax Plate

Kelemahan mobil matic selanjutnya adalah kerusakan pada Flax Plate. Parahnya hal ini juga sering diikuti dengan kondisi Gear Shift Lock. Plat Flax pada mobil matic akan bekerja secara ekstrem pada saat melewati jalanan yang curam dan menanjak. Kerusakannya juga bisa kita lihat dengan kasat mata.

Namun yang lebih parah lagi, biasanya kondisi Flax Plate yang mengalami kerusakan ini diiringi dengan Gear Shift Lock. Ini merupakan kondisi di mana kendaraan matic stak di gigi awal dan tidak bisa pindah gigi. Kondisi ini dipicu oleh jalan yang terlalu curam dan menimbulkan solenoid shift pada parts transmisi.

Jika dibiarkan, tentu saja terjadi kerusakan yang semakin parah. Inilah alasan kenapa Anda harus melakukan perawatan ekstra pada mobil yang bertransmisi otomatis. Perawatan pada mobil matic akan memakan biaya lebih besar dibandingkan mobil manual. Perawatan mobil yang baik dan rutin servis ke bengkel bisa meminimalkan risiko yang muncul akibat kelemahan mobil matic saat melewati tanjakan ini.