Sering kali mobil mengalami keretakan atau baret pada bagian catnya yang dikarena keserempet motor atau terbentur benda keras. Tentu hal ini sangat mengesalkan, tapi tak perlu khawatir. Ada beberapa cara mengatasi cat mobil baret dan retak yang sangat mudah yang bisa kamu lakukan.

Tips ini terbilang sangat mudah untuk Anda praktikkan tanpa pengalaman sekalipun. Ada banyak hal yang menjadi pemicu retaknya atau baret cat mobil Anda, apakah itu cuaca, gesekan, atau karena alasan lainnya. Namun poinnya bukan ini.

Hal paling utama yang harus dipahami adalah bagaimana cara untuk menghilangkan retakan itu sendiri. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi cat mobil yang mengalami retakan atau tergores.

Cara Mengatasi Cat Mobil yang Baret

Tips pertama adalah cara untuk mengatasi cat mobil yang baret. Kondisi satu ini bisa dipicu oleh banyak hal dan yang paling sering terjadi adalah gesekan dengan benda keras baik itu disengaja ataupun tanpa disengaja. Untuk mengatasinya terdapat tiga cara yang bisa Anda lakukan agar baret tidak terlihat.

Pertama Anda bisa pengecatan ulang pada body. Apabila terdapat baret yang dalam, Anda bisa lakukan dempul mobil untuk mengatasinya. Kemudian diamplas ulang Kembali sehingga hasil dempulan menjadi benar-benar halus.

Selain cara itu, ternyata ada juga cara mengatasi baret pada cat mobil yang lebih mudah. Cara kedua adalah dengan menggunakan pasta gigi. Tapi menggunakan pasta gigi seperti ini tidak dapat memperbaiki baretnya, namun hanya meminimalkan baret pada mobil Anda. Caranya juga sangat mudah, Anda hanya menggosokkan pasta gigi pada bagian yang baret secukupnya. Setelah itu bagian cat yang mengalami baret akan pudar.

Untuk cara ketiga Anda bisa menggunakan stiker mobil. Mungkin ini adalah cara yang praktis dan lebih murah untuk menghilangkan baret pada cat mobil. Anda bisa pilih stiker kesukaan dan cocok dengan mobil Anda. Penggunaan stiker ini hanya menutupi baretnya saja tanpa menghilangkannya. Namun stiker juga bisa sobek jika terjadi benturan atau goresan kembali.

Dengan 3 cara itu, baret yang ada pada mobil akan menjadi tidak terlihat. Namun pengecatan body ulang secara menyeluruh merupakan solusi terbaik untuk mengembalikan penampilan mobil menjadi seperti semula, meski Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak. Dengan merawat cat mobil sebaik mungkin dan memahami cara mengatasi cat mobil baret, mobil Anda akan selalu terlihat elegan.

Cara Mengatasi Cat Mobil Retak

Tak bisa disangkal, keretakan pada cat mobil memang menjengkelkan dan bisa terjadi pada siapapun. Tentunya kondisi ini akan membuat penampilan mobil Anda jadi kurang bagus. Perlu Anda pahami jika keretakan pada cat mobil ini bukan dipicu oleh pecahnya tekstur cat pada permukaan bodi mobil.

Keretakan ini biasanya disebabkan oleh permukaan cat yang mengkerut. Biasanya hal ini terjadi karena Anda kurang teliti dalam merawat mobil. Selain itu ada juga hal lain yang dapat memicu terjadinya kondisi seperti ini.

Salah satunya adalah jika permukaan cat mobil Anda sudah mengalami pengecatan ulang beberapa kali. Selain itu panas Cahaya matahari dan hujan juga bisa memicu hal ini. Cara mengatasi cat mobil retak ini juga tidak sulit dilakukan, tapi Anda juga harus berhati-hati saat melakukannya agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menyebabkan kerusakan lebih parah.

Pertama, Anda harus bersihkan permukaan mobil yang mengalami retakan hingga tidak ada debu yang tersisa. Lalu amplas permukaan mobil tersebut secara perlahan dengan hati-hati. Jika amplasnya sudah benar-benar halus, Anda lakukan pengecatan kembali pada permukaan mobil tersebut dengan cat khusus mobil.

Pastikan warnanya harus sama persis. Biasanya tukang cat memahami kode-kode warna ini dengan baik, jadi coba tanyakan ke tukang cat tersebut supaya tidak salah membeli. Pada saat proses clearing, pastikan untuk menyemprotkannya secara hati-hati karena seringkali pada fase ini yang membuat cat mobil retak kembali. Selamat mencoba ya.