Cara mengatasi mobil terkunci dari dalam harus benar benar wajib Anda pahami. Apalagi jika Anda memiliki anak kecil yang sangat aktif dan bisa punya resiko terkunci di dalam mobil. Meskipun terlihat sepele, kondisi satu ini bisa membuat kita panik dan tak tahu harus melakukan apa.

Jika kita berpikir tenang, semuanya bisa terkendali dan siapapun yang terkunci di dalam mobil bisa dikeluarkan dengan selamat. Meskipun tidak semuanya, kebanyakan kasus kejadian terkunci dari dalam diawali dengan keteledoran dan ketidaksengajaan. Tapi ada beberapa solusi yang bisa Anda pilih untuk mengatasinya.

Namun sebelumnya, pastikan untuk bersikap tenang dan bisa mengontrol emosi, pasalnya bagaimanapun juga Anda harus membobol mobil kesayangan. Cara mengatasi mobil yang terkunci dari dalam ini sebenarnya mudah saja untuk dilakukan, asalkan Anda memahami langkahnya dengan baik. Selain dapat meminimalkan kerusakan yang dialami oleh mobil, hal ini juga bisa memaksimalkan keamanan orang yang terjebak di dalamnya. Jadi, Anda harus tahu tentang cara mengatasi mobil terkunci dari dalam ini.

Buka Pintu Mobil yang Terkunci Menggunakan Media Bola Tenis

Memang terdengar aneh, tapi secara teknis hal ini bisa Anda praktikkan. Caranya juga gampang dan bisa Anda lakukan kapanpun. Namun tentunya Anda harus pahami dulu langkah demi langkahnya. Pertama pastikan mobil yang Anda pakai masih menggunakan sistem kunci konvensional dan bukan keyless.

Anda bisa membuka pintu dengan mudah dengan memanfaatkan lubang kunci pada pintu mobil, lalu Anda hanya perlu melubangi bola tenis tersebut. Nanti lubang ini akan berfungsi sebagai pompa. Pompa yang berasal dari bola tenis ini akan mendorong udara yang ada pada lubang kunci mobil tersebut.

Untuk melubangi bola tenis tersebut Anda bisa menggunakan obeng yang sudah dipanasi. Lalu simpan titik yang bolong pada bola tenis tepat pada bagian lubang kunci, kemudian tekan hingga gepeng. Jika cara yang Anda lakukan sudah benar, pintu mobil akan terbuka dengan sendirinya akibat dorongan dari angin pada bola tenis tersebut.

Buka Pintu Mobil yang Terkunci dengan Mencongkel Pengait Pintu Tengah

Cara mengatasi mobil terkunci dari dalam kedua adalah dengan mencongkel pengait yang ada pada pintu bagian tengah. Dengan cara ini akan sedikit merusak bagian pintu mobil, tapi kerusakannya tidak akan parah. Namun cara ini biasanya dilakukan di bengkel.

Akan tetapi sebenarnya teknik ini juga bisa Anda lakukan sendiri. Anda hanya perlu mengikis sekat karet pada pintu tersebut. Nanti akan terlihat besi yang sengaja dikaitkan pada plastik di bawah door lock atau tombol pengait kunci.

Perlu dipahami, jadi plastik inilah yang menjadi penyambung atau penghubung pengait dengan kaitannya. Anda cukup menyiapkan kawat bengkok untuk memindahkan plastik pengait tersebut dan pintu akan terbuka secara otomatis.

Memakai Penggaris untuk Membuka Kunci Pintu Mobil

Cara ketiga untuk mengatasi mobil terkunci dari dalam selanjutnya adalah menggunakan media penggaris berukuran 1 meter. Penggaris yang harus digunakan adalah penggaris besi, karena penggaris mika tidak akan kuat menopang bebannya. Cara ini terbilang mudah untuk membuka kunci mobil dari dalam.

Pertama yang perlu Anda lakukan yaitu membuka karet yang ada pada kaca mobil itu sendiri. Masukkan penggaris besi yang sudah disiapkan pada celah di kaca pintu. Kedalaman titik yang harus dijangkau kurang lebih 70 cm.

Sesuaikan pada jenis mobil apa yang akan Anda bongkar lalu cari batang yang keras di dalamnya. Jika sudah ketemu, langsung tekan batang tersebut sambil mengangkat gagang pintunya. Pintu akan terbuka secara otomatis dengan metode satu ini. Setelah itu Anda hanya tinggal menempelkan kembali karet kaca yang sudah dibuka sebelumnya.

Jadi, jika Anda mengalami masalah ini, jangan panik dulu dan coba cermati cara mana yang paling memungkinkan untuk dilakukan. Lalu ikuti cara mengatasi mobil terkunci dari dalam ini dengan cermat dan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan.