Belajar mobil manual dinilai lebih sulit jika dibandingkan dengan mempelajari mobil matik/otomatis. Keberadaan pedal kopling terkadang menjadi kesulitan tersendiri bagi para pengendara pemula. Selain itu, cara mengemudinya pun dinilai lebih sulit dari mobil matik. Meskipun begitu, jangan sampai kita berkecil hati dan takut untuk mencoba.

Dalam mengendarai mobil manual memerlukan keahlian serta kewaspadaan lebih tinggi. Meskipun begitu, tidak sedikit orang yang lebih suka mobil manual karena lebih menantang untuk dikendarai. Berikut ini akan dijabarkan lebih rinci mengenai 7 tips dalam mempelajari mobil manual untuk pengemudi pemula.

Perhatikan Cara Menghidupkan Mesin

Tips belajar mobil manual yang pertama adalah perhatikan apakah Anda sudah tahu cara menyalakan mesin mobil yang benar. Sebelum kita menyalakan mesin, pastikan mobil dalam keadaan posisi netral. Lalu cek kembali ketiga jenis pedal pada kaki, mulai dari kiri yaitu kopling, rem, dan gas.

Setelah itu, putar kunci atau tekan tombol nyala untuk menghidupkan mesin. Pastikan kita menekan pedal kopling saat memindahkan persneling ke gigi satu. Kemudian lepas pedal kopling secara perlahan dan mulai tekan pedal gas secara perlahan pula. Jangan lepas kopling terlalu cepat dan harus seimbangkan agar mobil berjalan dengan mulus. Jika mobil tidak kunjung berjalan, kemungkinan rem tangan Anda masih terkunci.

Tetaplah Rileks, Tenang, dan Fokus

Tips yang kedua adalah Pastikan tubuh kita rileks dan tenang sewaktu mengemudi. Jangan mengemudi jika kita masih merasa gugup atau panik karena akan sangat berbahaya. Atur napas yang dalam sebelum mulai berkendara. Pastikan juga konsentrasi kita tidak terpecah dan tetap terjaga. Jangan lupa atur posisi duduk yang paling nyaman untuk Anda, jangan terlalu jauh atau terlalu dekat dengan pedal. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kondisi terbaik saat berkendara dengan aman dan nyaman.

Kenali dan Pahami Komponen Penting Mobil

Tips belajar mobil manual yang ketiga adalah harus mengenal dan memahami komponen penting yang ada dalam mobil seperti gas, rem, dan kopling yang berfungsi untuk memisahkan mesin dari roda sewaktu Anda memindahkan gigi.

Pastikan pula Anda hafal bagaimana cara memindahkan persneling untuk mengubah gigi dari gigi satu hingga lima. Jika Anda ingin memundurkan mobil, gigi harus berada di posisi R. Selain itu, Anda juga tahu beberapa komponen lainnya seperti klakson serta tuas lampu depan, lampi sein, dan wiper.

Jangan Lupa untuk Rajin Berlatih

Pastikan Anda harus rajin berlatih. Berlatih mengendarai mobil tidak cukup satu kali atau dua kali. Anda harus sampai benar benar mahir, jangan sampai nanti bisa terjadi kecelakaan yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Jangan takut untuk berlatih, jika konsisten maka perlahan-lahan bisa lancar. Berlatihlah dulu di lapangan yang luas untuk pertama kali. Tahap selanjutnya, Anda bisa coba mulai berkendara di jalan sepi dulu. Jika dirasa sudah benar-benar lancar, Anda bisa berkendara di jalan raya hingga di medan yang lebih sulit seperti jalan pegunungan.

Belajar Mengatur Kecepatan

Tips belajar mobil manual yang kelima adalah pelajari cara mengatur kecepatan. Mainkan pedal kopling karena di setiap perpindahan gigi baik naik maupun turun, Anda perlu menginjak pedal kopling dan juga kurangi gas agar perpindahan gigi berjalan dengan mulus.

Hal ini umumnya sulit dilakukan oleh pemula. Meskipun begitu, pastikan Anda sabar dalam melepaskan pedal kopling dan seimbangkan dengan menginjak pedal gas untuk menghindari suara kasar pada mobil. Selain itu pastikan juga Anda tidak terlalu cepat mengangkat pedal kopling supaya mesin mobil matik tidak mati atau tersendat.

Kuasai Teknik Pengereman

Tips yang keenam, supaya mobil tetap dalam keadaan yang stabil, maka Anda harus menguasai teknik cara pengereman. Pastikan Anda harus menggunakan kaki kanan untuk melakukan pengereman agar lebih mudah dan berfungsi secara maksimal. Hal ini bertujuan agar kaki kiri fokus di pedal kopling dan pengereman dapat berhenti secara mulus.

Selain itu, disarankan untuk terlebih dahulu menekan pedal kopling sewaktu menginjak pedal rem agar pengereman dapat berjalan lebih halus dan tidak terlalu mendadak. Injak rem dulu saat hendak mulai berkendara, sebelum Anda menginjak gas. Jangan lupa gunakan rem tangan saat memarkirkan kendaraan di tempat parkir.

Seimbangkan Gas dan Kopling dengan Tepat

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, tips belajar mobil yang terakhir adalah menyeimbangkan gas dan kopling dengan benar. Setiap Anda menekan pedal gas, pastikan Anda untuk melepas kopling secara perlahan sebelum Anda menekan pedal gas agar mesin tidak tersendat atau mati. Dengan begitu, mobil Anda berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Kalau Anda khawatir untuk belajar sendiri, Anda bisa ikut kursus pelatihan terdekat. Mengapa tempat kursus lebih aman, karena mobilnya sudah dimodifikasi khusus untuk pelatihan. Pada kursi pengajar juga terdapat pedal kopling, rem dan gas untuk membantu menyesuaikan saat belajar. Dengan begitu, belajar mobil manual akan lebih cepat dan mudah.