Mobil Honda HRV adalah salah satu merk keluaran Honda yang banyak diminati saat ini. Merk tersebut dinilai memiliki desain kekinian sehingga cocok digunakan oleh siapa saja. Hal ini membuat HRV banyak dimiliki baik oleh orang yang sudah berkeluarga atau yang masih belum.

Sebagai salah satu keluaran Honda, tentu HRV mendapat respon yang baik dari orang – orang yang suka menggunakan kendaraan roda 4. Mengingat Honda sebelumnya sudah mengeluarkan berbagai merk, tentu setiap merk terbaru akan memiliki inovasi yang berbeda dari sebelumnya.

Sama halnya dengan mobil Honda HRV keluaran tahun 2022 tersebut, spesifikasi dan fiturnya sudah jauh lebih baik daripada keluaran di tahun – tahun sebelumnya. Bahkan HRV mampu bersaing dengan merk lainnya jika dilihat dari spesifikasi dan fiturnya.

Jika kamu ingin memiliki HRV, maka kamu harus mempelajari dulu apa saja spesifikasi, fitur, kekurangan dan kelebihannya. Sehingga kamu dapat membandingkannya dulu dengan kendaraan merk lain sebelum membeli.

Spesifikasi Lengkap Mobil HRV

Merk HRV memiliki ukuran yang cukup besar hingga muat untuk 5 orang. Kursi untuk masing – masing penumpang juga dilengkapi dengan fitur Arm Rest. Juga tersedia pilihan warna seperti hitam, putih, merah, sand khaki dan abu – abu, jadi kamu bisa memilih warna sesuai keinginan.

HRV ini bahan bakar bensin dengan kapasitas mesin 1498 cc. Dengan kapasitas mesin tersebut, kamu bisa lebih leluasa berkendara ke mana saja. Jenis transmisinya CVT sehingga lebih fleksibel bisa digunakan oleh semua orang, karena cara kemudinya tidak terlalu rumit seperti manual.

Engine Check Warning juga merupakan salah satu spesifikasi unggulan pada HRV. Engine Check Warning berfungsi untuk mengecek kebaikan mesin, kemudian memberi peringatan pada pemilik kendaraan jika ada masalah pada mesin. Sehingga kamu bisa langsung memperbaikinya

Engine Check Warning bahkan belum tentu tersedia pada merk kendaraan roda 4 lainnya. Spesifikasi ini sangat cocok untuk kamu yang jarang memeriksakan keadaan mesin mobil di bengkel. Sehingga berkendara bisa lebih aman dengan semua mesin yang sudah siap bekerja.

Teknologi perintah suara pada merk kendaraan ini sudah diterapkan, sehingga kamu bisa menyalakan radio, lampu dan lain sebagainya hanya dengan memberi perintah. Spesifikasi ini sangat diunggulkan karena menunjukkan penerapan teknologi modern yang sangat baik.

Perintah suara adalah teknologi canggih yang ada di merk HRV dan mendapat banyak perhatian dari orang – orang. Itu sebabnya merk kendaraan ini sangat diminati oleh banyak orang.

Apalagi kendaraan dengan perintah suara masih sangat jarang ada, terutama di Indonesia. Berbagai spesifikasi mumpuni tersebut dapat menjadi keunggulan HRV, karena kamu akan merasa lebih nyaman dan mudah dalam mengendalikan mobil.

Fitur Lengkap Mobil HRV

Sebelum memiliki kendaraan roda 4 sendiri, pastikan kamu memilih merk terbaik agar tidak menyesal. Kamu bisa memilih Honda HRV dengan kelengkapan fitur seperti Anti Theft Device atau anti maling, kamera belakang, park sensor, pengatur spion, dan pengatur suhu lengkap.

Anti Theft Device adalah salah satu fitur mobil Honda HRV yang mencegah pencurian dengan cara memasukkan chip komputer di dalam kendaraan. Chip tersebut akan membantu pemilik merasa lebih aman, karena maling tidak akan bisa mencuri kendaraan dengan kunci lainnya.

Juga terdapat kamera belakang yang terletak pada pintu bagasi. Kamera belakang berfungsi untuk melihat situasi kondisi di belakang kendaraan, misalnya saat ingin memundurkan mobil, parkir atau memindahkannya. Kamera belakang bekerja sama dengan park sensor agar mudah.

Fitur mobil Honda HRV berikutnya adalah Airbags atau kantong udara. Airbags digunakan untuk keselamatan semua orang di dalam kendaraan, karena kantong udara ini akan otomatis mengembang saat mobil mengalami guncangan keras. Airbags ada di kursi depan dan belakang.

Kantong udara tersebut berfungsi untuk mengurangi cedera saat mengalami kecelakaan. Kantong udara adalah pelengkap kendaraan yang sangat penting, karena tanpa kantong udara, pasti cedera yang diterima akan lebih parah. Bahkan bisa saja menyebabkan kematian.

AC dan pemanas juga tersedia agar kamu merasa nyaman berkendara, karena suhu bisa lebih disesuaikan. AC dan pemanas pada merk HRV membuatnya bisa dibawa saat musim apa saja.

Bahkan berkendara ke luar negeri juga sangat menyenangkan jika ada AC dan pemanas ini. Selain pengaturan suhu yang mudah, HRV juga dilengkapi dengan pengatur spion otomatis, yaitu hanya dengan menekan tombol khusus.

Kelebihan Mobil Honda HRV untuk Pengendara

Kelebihan utama HRV adalah fiturnya yang sangat lengkap, sehingga berkendara lebih mudah dan nyaman. Selain memiliki spesifikasi untuk mendukung performa kendaraan, Honda juga menerapkan teknologi modern agar pengguna kendaraan roda 4 bisa lebih tertarik.

Salah satu kelebihannya adalah adanya alat – alat untuk hiburan dalam mobil, seperti Radio dan Display agar kamu tidak terlalu bosan di dalam kendaraan. Fitur mobil Honda HRV ini sangat disenangi, karena pengendara bisa mendengarkan lagu dari saluran radio atau dari handphone.

Kamu bisa menyambungkan perangkat dengan Device Radio di dalam mobil, yaitu dengan koneksi Bluetooth. Koneksi Bluetooth juga bisa disambungkan ke Display untuk menonton. Display ini berikutan 7 inch, sehingga lebih pas untuk menonton untuk anak – anak di mobil.

Keamanan berkendara selama menaiki HRV juga terjamin, karena ada Safety Belt atau sabuk pengaman. Namun hal yang berbeda adalah sabuk pengaman di merk ini memiliki sistem Warning atau peringatan. Sehingga jika pengendara di kursi bagian depan tidak memakainya, akan ada alarm pengingat.

Safety Belt untuk anak – anak juga disediakan, karena merk HRV menerapkan sistem aman berkendara untuk anak – anak. Bahkan sabuk pengamannya juga bisa disesuaikan dengan ketinggian kursi. Sabuk pengaman juga dari bahan terbaik, sehingga awet sampai kapan saja.

Bahan pembuatan kursi mobil Honda HRV juga sangat nyaman, bahkan interiornya sudah lebih baik jika dibandingkan dengan mobil keluaran Honda lainnya. Kamu bisa merasakan sendiri interior lebih modern dan nyaman untuk menyetir perjalanan jauh.

Harga HRV juga bisa dikatakan kompetitif dan sesuai dengan fitur yang sudah disediakan. Itu sebabnya tidak banyak orang yang merasa bahwa merk ini terlalu mahal untuk dimiliki. Apalagi fitur dan spesifikasinya sangat dibutuhkan untuk berkendara lebih selamat dan nyaman.

Kekurangan Mobil Honda HRV yang Harus Diketahui

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, namun HRV juga memiliki kekurangan yang harus kamu ketahui. Kekurangan tersebut terdiri dari kapasitas yang kurang besar, karena kapasitasnya hanya cukup untuk 5 orang saja, atau bisa untuk 6 orang namun agak berdesakan.

Selain itu transmisi CVT memang dianggap fleksibel karena bisa digunakan oleh semua orang dengan mudah. Namun transmisi CVT menyebabkan tarikan gas kurang nyaman dan kuat. Hal ini menyebabkan HRV menjadi agak kurang nyaman dikendalikan saat berada di jalan tanjakan.

Dengan memahami spesifikasi, fitur, kelebihan dan kekurangannya, kamu pasti lebih mudah menentukan apakah kendaraan ini cocok untukmu. Namun di samping kekurangannya, kebanyakan orang lebih memilih mobil Honda HRV karena teknologi modernnya.