Perbedaan Pajero dan Fortuner wajib kamu cek sebelum membeli. Keduanya sekilas memiliki kesamaan hingga sulit dibedakan. Tapi perlu diketahui bahwa Pajero adalah keluaran Mitsubishi dementara Fortuner keluaran Toyota.

Selain beda produsen, harga dan spesifikasi keduanya juga punya perbedaan mencolok. Supaya kamu tepat dalam memilih mana paling cocok, simak dulu penjelasan kami berikut ini!

Perbedaan Pajero dan Fortuner dari Segi Harga

Perbedaan yang paling utama perlu dibahas adalah dari segi harga. Rata-rata harga adalah pertimbangan pokok calon konsumen sebab berkaitan langsung dengan kemampuannya membeli. Harga masing-masing merk ini beragam.

Mitsubishi Pajero sendiri dirilis dalam beberapa varian. Paling tinggi harganya adalah varian sport, yang tentu saja dilengkapi fitur paling canggih dibanding lainnya. Meski paling tinggi, tapi varian ini sangat diminati.

Harga Mitsubishi Pajero Sport terbaru dibanderol mulai dari Rp 577,6 juta sampai Rp 723,5 juta. Perbedaan mobil Pajero dan Fortuner dari segi harga cukup jelas, dimana Fortuner dibanderol mulai dari Rp 560,2 juta sampai Rp 731,85 juta.

Harga unit mobil masing-masing merk tergantung variannya. Mitsubishi Pajero Sport mulai dari yang paling murah adalah GLX 4×4 2.5 MT (Rp577.600.000), Exceed 4×2 2.5 MT (Rp522.100.000), Exceed 4×2 2.5 AT (Rp567.300.000).

Tipe menengah hingga tinggi ditawarkan oleh varian Dakar. Ada tiga varian lagi dengan harga berbeda yaitu Dakar 4×2 2.4 AT (Rp625.900.000), Dakar Ultimate 4×2 2.4 AT (Rp675.600.000), dan Dakar Ultimate 4×4 2.4 AT (Rp723.500.000)

Toyota Fortuner dirilis dalam 7 tipe. Paling murah adalah Tipe 4×2 2.4 G MT DSL (Rp560.200.000), disusul Tipe 4×2 2.4 G AT DSL (Rp577.800.000), Tipe 4×2 2.7 GR Sport AT (Rp600.450.000), Tipe 4×2 2.8 GR Sport AT (Rp636.450.000).

Tiga varian atau tipe selanjutnya adalah Tipe 4×2 2.8 VRZ AT DSL dengan harga Rp617.700.000. Lalu harga Rp 700 jutaan ditawarkan oleh Tipe 4×4 2.8 GR Sport AT (Rp726.850.000) dan paling mahal Tipe 4×4 2.8 GR Sport AT Two Tone (Rp731.850.000).

Bagi kamu yang tidak bermasalah dengan harga tentu akan memilih varian paling mahal. Sebab fiturnya lebih lengkap, modern bahkan dari tampilan eksteriornya sudah mewakili harga yang kamu bayar tersebut.

Perbedaan Pajero dan Fortuner dari Segi Desain Interior

Desain interior Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero hampir sama. Kedua mobil premium ini menawarkan desain mewah dan elegan. Pertimbangan produsen adalah menyajikan kenyamanan berkendara yang lebih maksimal.

Material untuk bangku, setir hingga shift knob menggunakan leather premium. Perbedaan mobil Pajero dan Fortuner tidak signifikan pada fitur interior satu ini. Selain kemewahan bangku pengemudi dan penumpang, fitur hiburan sangan mendukung kenyamanan selama berkendara.

Fitur-fitur hiburan yang melengkapi dua kendaraan premium ini diantaranya ada head unit touchscreen, USB, Bluetooth, konektivitas smartphone, AC otomatis hingga telephone. Penumpang belakang bisa menikmati fitur hiburan dari rear seat entertainment.

Pada mobil Pajero varian Sport Dakar Ultimate memiliki head unit yang terdigitalisasi. Kamu akan mendapatkan informasi yang lebih komprehensif dalam 3 jenis display. Fitur ini benar-benar memaksimalkan kecanggihan teknologi untuk para konsumennya.

Mitsubishi Pajero Sport memiliki sisi interior menawan dengan Tombol start-stop mesin, Setir multi fungsi, Tachometer, Courtesy Lamp, Power outlet, Front Ac Controls, layar sentuh, Bottle Holder samping serta konsol tengah.

Adapun Toyota Fortuner memiliki head unit yang menerapkan teknologi touchscreen dilengkapi teknologi software mutakhir. SUV dari Toyota ini dilengkapi fasilitas Audio, Courtesy Lamp, pengatur kursi, Rear Seat Entertainment, Front Ac Controls, dan layar sentuh.

SUV satu ini juga sudah dilengkapi fitur kamera 360 derajat, Surround Monitor, Blind Spot Detector, Lane Departure Warning, Headway Monitoring Warning serta Moving Object Detection. Fitur interior ini sekaligus mendukung keselamatan selama berkendara.

Perbedaan Pajero dan Fortuner dari Segi Desain Eksterior

Desain eksterior Pajero dan Fortuner sangat tangguh dan maskulin. Tidak heran jika kedua SUV ini banyak dipakai untuk melaju di jalanan menantang. Medan yang tidak rata sekalipun akan mudah dilibasnya.

Perbedaan mobil Pajero dan Fortuner dari eskterior mudah teridentifikasi jika dibandingkan langsung. Toyota Fortuner di bagian bodi luar tampak adanya Fog lamp depan, lampu depan, lampu belakang, pelek yang sporty.

Tipe 2.8 4 X 4 GR Sport terbaru tahun 2023 dilengkapi desain bumper dan grille lebih gagah. Selain itu juga sudah ada lampu utama serta lampu kabur menggunakan tipe LED. Tipe terbaru ini bisa dikatakan paling gagah dibanding sebelumnya.

Tampilan gagah ini karena garnish yang lengkap dengan krom gelap pada bagian grille. Grille model futuristic ini dipadukan dengan bumper spoiler bagian depan. Menciptakan visual elegan yang tidak ada tandingannya.

Perbedaan mobil Pajero dan Fortuner tidak hanya dari bumper bagian depan saja. Bagian belakang tampil elegan karena dilengkapi kick sensor with power backdoor khusus varian GR Sport dan VRZ.

Mitsubishi Pajero hadir lebih dynamic shield dari segi desain tanpa meninggalkan ciri khas Mitsubishi Motors. LED active cornering lamp diterapkan pada mobil sebagai penerangan di saat melakukan manuver di area minim pencahayaan.

Desain eksterior makin karismatik dengan lekuk body yang gagah. Bagian belakang ada Power Tailgate dan Kick Sensor. Desain Rear Combination Lamp mengusung gaya futuristic, menjadikan tampilannya makin gahar.

Desain eksterior paling baru adalah Rear Spoiler serta Shark Fin antenna yang memberikan kesan premium sekaligus luxury. Tidak ketinggalan juga, kendaraan premium ini dilengkapi Rear Wiper, menyempurnakan desain serta fungsionalitas.

Perbedaan dari Spesifikasi Mesin

Sebelum membeli unit mobil, penting juga mempertimbangkan dari segi spesifikasi mesin. Terutama jika akan digunakan dalam intensitas tinggi, tentunya harus punya dapur pacu tangguh. Dari jenis mesin, keduanya menggunakan bahan bakar diesel.

Perbedaan mobil Pajero dan Fortuner dari segi kapasitas mesin lebih besar Fortuner. SUV keluaran Toyota ini mengusung mesin 2.755 cc yang menghasilkan tenaga hingga 203,9 hp dan torsi maksimum 499 Nm.

Sementara Pajero dibekali mesin 2.400 cc yang menghasilkan tenaga sebesar 181 hp serta torsi maksimum 430 Nm. Mobil ini dibekali fitur 8 kecepatan yang menjadikan sensasi berkendara lebih maksimal.

Pajero memiliki sisi kelebihan yaitu dari penggunaan teknologi Super Select 4WD II serta mode off-road. Ketangguhannya tidak kalah dari mobil khusus yang dipakai untuk aktifitas ekstrim tersebut.

Toyota Fortuner tidak mau kalah dengan menerapkan sistem penggerak Four Wheel Drive atau 4WD. SUV ini juga dilengkapi dengan fitur easy 4 x 4 switch serta Downhill Assist Control atau DAC. Tidak lupa Toyota menyematkan teknologi T-Intouch yang bisa terkoneksi dengan ponsel.

T-Intouch merupakan aplikasi terkoneksi smartphone yang punya banyak fitur. Diantaranya Trip Driving Update, Road Assistance, Find My Car, Geofencing, E-Car Maintenance, hingga Inquiry & Support Center.

Untuk konektivitas, Mitsubishi juga memasang aplikasi Mitsubishi Remote Control. Aplikasi ini juga terhubung dengan ponsel cerdas kamu. Beberapa fitur penting didalamnya adalah vehicle information, operasional power tailgate dan masih banyak lagi.

Jadi mana yang akan kamu pilih? Tidak perlu bingung, sesuaikan kebutuhan selain dari segi harga. Prioritaskan pada fitur yang diperlukan, informasinya sudah ada pada penjelasan perbedaan mobil Pajero dan Fortuner.