New Mazda CX-3 merupakan salah satu SUV crossover yang cukup populer dari pabrik mobil Jepang dengan gaya mewah dan elegan. Tidak hanya itu saja, kendaraan ini memiliki performa tangguh serta dilengkapi berbagai fitur canggih.

Meskipun bukan termasuk SUV crossover yang pertama, namun Mazda CX-3 ini bisa memberikan warna baru pasar otomotif Indonesia. Selain itu, kehadirannya juga bisa bersaing dengan mobil-mobil merek lain dengan konsep serupa.

Tidak mengherankan jika New Mazda CX-3 menjadi pilihan cukup banyak orang, sebab memiliki banyak keunggulan. Spesifikasi unggulan dan fitur canggihnya juga memberikan kenyamanan pada pengendara maupun penumpang di dalamnya.

Meski demikian, ada beberapa kekurangan yang perlu menjadi pertimbangan ketika akan memilih mobil keluaran Jepang ini. Dengan pertimbangan ini, maka akan lebih mudah mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan.

Spesifikasi Lengkap New CX3

Spesifikasi New Mazda CX-3 menggunakan compact SUV 5 seater dengan penggerak roda depan (FWD) dan menggunakan sistem bahan bakar injeksi. Terdapat 2 varian yang tersedia, yaitu mesin SkyActuv 1.5L (sport) dan 2.0L (Pro).

Keduanya memiliki kesamaan berupa 4 silinder inline, 16 katup, namun daya dan torsinya berbeda karena mesin tidak memiliki kubikasi sama. Varian Pro menyemburkan data 149 PS dan 195 Nm, sedang Sport mencapai 111 PS serta 144 Nm.

Performa sendiri sudah termasuk unggul dalam kelasnya, selain itu handling maupun kontrol mobil juga terasa ringan. Adanya teknologi SkyActiv Dynamic dengan G-Vectoring Control membuat mobilnya lebih stabil dalam tikungan tanpa gejala steer over maupun understeer.

Spesifikasi New Mazda CX-3 juga tidak terlepas dari eksteriornya yang menggunakan konsep KODO. Konsep ini yang membuat mobilnya menjadi tampak sederhana namun tetap ekspresif, menunjukkan energi maupun pergerakannya.

Pada fasad depan, terdapat tambahan grill berbentuk mangkok, juga terdapat headlamp LED auto leveling + DRL besar. Sementara molding samping memberi kesan aerodinamis serta seamless, menyambung hingga belakang sehingga tampak sporty dan elegan.

Bagian MID (Multi Information Display) New Mazda CX-3 memang masih terlihat konvensional, namun tetap canggih serta fungsional dengan adanya Active Head Display. Sementara itu, bagian knob, kemudi dan jok menggunakan kulit sehingga lebih nyaman.

Pengaturan jok pada bagian belakang memiliki tip 40:60 sehingga fungsional jika membutuhkan ruang bagasi tambahan. Kabin terasa cukup lapang untuk SUV dengan ground clearance cukup tinggi, yaitu hingga 160 mm.

Fitur Unggulan New CX3

New Mazda CX-3 memiliki fitur yang lengkap dari berbagai aspek sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan pada penggunanya. Berikut adalah daftar fitur-fitur canggih yang bisa menjadi pertumbangan dalam mencari kendaraan roda empat.

Fitur keamanan pada mobilnya sangat lengkap sehingga meminimalisir kecelakaan selama perjalanan. Tidak hanya pengemudi dan penumpang saja, pengendara lain di jalan juga menjadi lebih aman.

Beberapa fitur keselamatan seperti Hill Launch Assist, Anti Lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Crash Sensor, hingga 5 Airbags. Selain itu, masih ada fitur lainnya seperti Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitoring, Child Safety Locks, juga Seatbelt pada setiap kursinya.

Bukan hanya segi keamanan saja, fitur entertainment New Mazda CX-3 juga mendukung sehingga dapat menemani perjalanan. Di dalamnya sudah tersedia CD dan DVD, Bluetooth, Head Unit Touchscreen, juga port USB.

Sudah ada sistem navigasi sehingga pengendara tidak perlu repot membuka smartphone untuk mencari rute jalan terbaik. Pengemudi juga bisa menggunakan suara untuk berbagai perintah pada sistem entertainment tersebut.

Fiturnya sendiri didukung dengan sistem Mazda Connect dengan layar sentuh untuk mengakses navigasi, audio, telepon, maupun aplikasi. Interface intuitif serta responsif membuat pengemudi bisa lebih fokus di jalanan, bukan hanya tombol di lingkar kemudi.

New Mazda CX-3 juga memiliki fitur kenyamanan lengkap, misalnya bottle dan cup holder sehingga penumpang bisa membawa minuman. Panel Head Up Display (HUD) menghubungkan digital dan analog dalam menyajikan informasinya.

Menyalakan mobil juga dapat menggunakan Engine Start Stop Button sehingga tidak perlu lagi memutar kunci. Pengemudi hanya perlu menekan tombol sekali saja, mesin mobil dapat langsung menyala.

Kelebihan New Mazda CX3

Ada cukup banyak keunggulan yang membuat New Mazda CX-3 menjadi incaran banyak orang. Berikut adalah beberapa keunggulan dengan berbagai inovasi terbaik sehingga bisa memenuhi kebutuhan sebagian besar masyarakat.

Keunggulan pertama dapat terlihat dari desainnya yang menarik serta sporty, sebab terdapat eksterior dengan garis-garis tajam dan grille khas Mazda di bagian depan. Proporsi dimensi proporsional sehingga terkesan elegan dan atletis.

Tidak hanya eksterior saja, interior mobilnya juga memiliki kualitas mewah menggunakan bahan-bahan terpilih. Detail pemasangan fiturnya juga membuat interior semakin berkelas dan memberikan pengalaman berkendara lebih menyenangkan.

Kelebihan selanjutnya adalah performa responsif dan tangguh, juga menawarkan tenaga cukup untuk memberi akselerasi baik serta kelincahan di jalan. Sistem transmisi terpasang secara halus dan responsif sehingga dapat memastikan kenyamanan penggunanya.

Teknologi SkyActiv pada New Mazda CX-3 menjadi keunggulan berikutnya, merupakan inovasi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar maupun performa. Hal ini tidak terlepas dari material ringan tapi kuat, juga teknologi mesin canggih.

Seperti penjelasan sebelumnya, fitur keselamatan pada mobilnya sangat komprehensif dan lengkap untuk melindungi pengemudi maupun penumpangnya. Fitur-fitur keselamatan ini juga dapat mencegah terjadinya kecelakaan dengan pengendara lainnya.

Berbagai fitur keselamatan ini bekerja sama dalam memberikan perlindungan maksimal dalam berbagai situasi. Oleg sebab itu, tidak perlu lagi merasa khawatir mengenai keamanan selama perjalanan dekat maupun jauh.

Kekurangan dari New Mazda CX3

Meskipun memiliki cukup banyak keunggulan, namun setiap mobil pasti memiliki kelemahan, termasuk New Mazda CX-3. Berikut adalah beberapa kekurangan dari mobil buatan Jepang ini sebagai pertimbangan.

Pertama, ruang kabin terbatas terutama di bagian belakang menjadi salah satu kekurangan yang penting diperhatikan. Penumpang dewasa kemungkinan akan merasa kurang nyaman saat duduk di baris kedua karena ruang kaki dan kepala di jok belakang terbatas.

Selain ruang kabin terbatas, kapasitas bagasi juga tidak terlalu besar sehingga penumpang tidak dapat membawa terlalu banyak barang. Perlu pertimbangan jika kendaraan sering digunakan untuk perjalanan panjang dengan banyak barang bawaan.

Bagasi yang sempit akan menjadi kendala ketika akan pergi ke tempat jauh sebab harus pintar menyusun semua barang bawaan. Ada baiknya pengemudi mempertimbangkan barang bawaan untuk memastikan bagasi New Mazda CX-3 dapat menampung semuanya.

Daya mesin juga kurang, sebab meski menggunakan mesin 2.0 liter sudah cukup untuk banyak situasi, namun banyak yang ingin lebih banyak tenaga. Jika menginginkan mobil dengan performa tinggi, maka perlu mempertimbangkan varian dengan mesin lebih bertenaga.

Terakhir, mobil hanya memiliki transmisi otomatis sehingga tidak bisa memenuhi pengendara yang menyukai cara mengemudi transmisi manual. Meskipun cukup halus dan responsif namun pengemudi yang ingin kontrol penuh atas perpindahan gigi menjadi kurang puas.

Sudah ada beberapa mobil SUV Crossover yang ada di pasaran dan menjadi populer karena keunggulannya. Salah satu yang menjadi banyak incaran adalah New Mazda CX-3 karena fitur unggulan serta penampilan lebih elegan.