New Nissan X Trail menjadi pilihan banyak orang, terutama jika menginginkan kendaraan roda empat High SUV. Bukan hanya memiliki konfigurasi 7 penumpang, Nissan juga menawarkan X Trail facelift dengan berbagai fitur keselamatan terbaru dan canggih.

Mobil SUV ini memiliki penampilan modern dan mewah, selain itu juga menawarkan berbagai aspek kenyamanan. Tipe struktur mobilnya adalah monocoque (monokok), yaitu bodi menyatu dengan sasis sehingga cenderung lebih maksimal dalam meredam gaya kejut.

Selain sudah populer di Indonesia, New Nissan X Trail memiliki keunggulan dibandingkan dengan kompetitor lain. Meski demikian, mobil SUV ini tetap memiliki beberapa kelemahan dalam beberapa detailnya.

Pembahasan mengenai fitur, spesifikasi, juga kelemahan dan kelebihan salah satu keluaran mobil Nissan ini akan mempermudah pertimbangan dalam mencari kendaraan. Dengan demikian, pengalaman perjalanan bisa lebih nyaman dan aman.

Spesifikasi New X Trail

Spesifikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dipertimbangkan ketika mencari kendaraan roda empat. Berikut adalah spesifikasi New Nissan X Trail lengkap, termasuk tampilan interior dan eksteriornya.

Tampilan mobil SUV ini sebenarnya tidak memiliki perubahan drastis dari sebelumnya, hanya pada beberapa bagian saja. Salah satu perubahan ada pada bagian grill yang sekarang memiliki gaya V-Motion, sama seperti pada varian Livina.

Selain itu, X Trail juga hadir dengan lampu LED DRL pada bagian depan, juga lampu LED berbentuk bumerang di belakang. Terdapat juga pelek alloy dengan ukuran 19 inci, ditambah dengan Panoramic Sunroof di bagian atapnya.

Bagian interior New Nissan X Trail juga tidak memiliki perubahan signifikan, meskipun tetap ada yang membedakan dengan varian sebelumnya. Interior mobil SUV ini masih mengadopsi desain yang lama, yaitu menggunakan Head Unit berukuran 7 inci.

Meskipun masih memiliki desain dan layar dengan ukuran sama, namun ada perkembangan dari model sebelumnya. Varian terbaru ini memiliki layar yang dapat terkoneksi dengan smartphone, juga lengkap dengan Intelligent Around View Monitor.

Sementara untuk dimensi, New Nissan X Trail ini juga masih memiliki dimensi sama seperti varian sebelumnya. Kendaraan roda empat ini memiliki panjang 4.641 mm, sedangkan lebarnya 1820 mm dan tinggi 1.709 mm.

Sedangkan mesinnya masih mengandalkan mesin bensin dengan kapasitas 2,5 liter dan dapat menghasilkan tenaga 169 dk serta torsi 233 Nm. Pada transmisinya sendiri menggunakan sistem transmisi Xtronic CVT.

Fitur New X Trail

New Nissan X Trail menawarkan banyak fitur yang memberikan kenyamanan baik pada pengemudi maupun penumpang. Berikut beberapa fitur keamanan mobil SUV ini sehingga meminimalisir risiko kecelakaan.

Pertama, Intelligent Around View Monitor eith Moving Object Detection yang memanfaatkan empat kamera di sudut-sudut mobil. Dua kamera ada di depan dan belakang, sementara dua lainnya berada di kanan dan kiri.

Fitur ini bisa menampilkan pandangan hingga 365 derajat, gunanya memantau kondisi dan mendeteksi apa saja yang ada di dekat mobil. Tentu fiturnya sangat membantu pengemudi untuk melihat sekeliling dengan lebih mudah.

Fitur berikutnya Intelligent High Beam Assist untuk mengubah lampu jauh menjadi lampu dekat atau sebaliknya secara otomatis. Pengemudi tidak perlu mengganti mode lampu secara manual dan tidak menganggu visibilitas pengendara lain.

New Nissan X Trail menawarkan Intelligent Forward Collision Warning, selain itu ada juga Intelligent Forward Emergency Brake Fitur. Keduanya merupakan fitur keselamatan aktif yang akan mengoperasikan rem otomatis agar terhindar dengan tabrakan benda di depan.

Intelligent Blind Spot Warning Fitur merupakan pengingat pengemudi ketika pengendara lain berada di luar area pandang. Pengingat sendiri melalui bunyi maupun kedipan lampu di pangkal spion bagian dalam.

Tidak hanya itu saja, New Nissan X Trail juga menawarkan Intelligent Cruise Control Fitur yang bisa mengatur jarak serta kecepatan kendaraan secara otomatis. Fiturnya dapat mengikuti kecepatan kendaraan di depan tanpa mengoperasikan pedal akselerasi maupun rem.

Terakhir Intelligent Rear Cross Traffic Alert Fitur yang membantu pengemudi keluar area parkir lebih mudah. Gunanya mendeteksi kendaraan lain ketika mundur, juga menjadi radar yang menjangkau kendaraan lain hingga 20 meter.

Keunggulan New Nissan X Trail

New Nissan X Trail memiliki cukup banyak keunggulan sehingga menjadi incaran banyak orang. Berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa menjadi pertimbangan jika ingin mencari kendaraan roda empat nyaman dan aman.

Pertama, keunggulan dalam hal eksterior yang memberikan kesan tangguh, hal ini bisa terlihat dari LED Daytime Running Lights. Terdapat juga Foglamp canggih sehingga bisa membantu pencahayaan mobil ketika sedang berkabut atau hujan.

Selain itu, spion juga dipadukan dengan lampu sein dan stop lamp berwarna krom sehingga memberikan kesan menawan pada mobilnya. Keunggulan eksterior ini sendiri juga didukung dengan interior berkelas dan memberi kesan mewah.

Kursi mobil untuk pengemudi maupun penumpang menggunakan material berkualitas sehingga memberikan kenyamanan selama perjalanan. Selain itu terdapat LCD layar sentuh sebesar 7 inci untuk hiburan yang terkoneksi USB, Bluetooth, maipun AUXin.

Keunggulan selanjutnya adalah kabin New Nissan X Trail lebih luas sehingga bisa menampung hingga 8 orang. Bagasi juga cukup luas, terutama jika kursi baris ketiga dilipat sehingga barang bawaan lebih leluasa.

Selanjutnya keunggulan dalam hal suspensi berkualitas, yaitu MacPherson Strut menggunakan Stabilizer bar di bagian depan. Sementara itu bagian belakang terdapat suspensi Multi-Link Stabilizer Var berkualitas.

Kelebihan selanjutnya adalah mengenai mesinnya yang mumpuni serta sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru yaitu DIHC 4 silinder. Selain itu juga ada teknologi 16 katup dengan Dual CVTCS berkapasitas 2488 cc sehingga bertenaga optimal.

Terakhir adalah dengan banyaknya fitur keselamatan lengkap seperti sudah dijelaskan sebelumnya. Fitur keselamatan ini akan membuat pengendara maupun penumpang menjadi lebih aman selama perjalanan.

Kekurangan New Nissan X Trail

Meskipun memiliki cukup banyak kelebihan, namun New Nissan X Trail juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum memilih mobil SUV ini.

Kelemahan pertama adalah peredaman kabin yang kurang baik sehingga suara dari luar mobil masih dapat terdengar. Mobil yang kurang kedap suara akan membuat kenyamanan pengguna menjadi berkurang.

Selanjutnya adalah kursi pada baris ketiga cukup sempit sehingga penumpang menjadi kurang nyaman. Selain itu, kenyamanan penumpang membutuhkan perawatan rutin dengan biaya yang cukup mahal.

Apalagi suspensi New Nissan X Trail cepat rusak, terutama jika pengemudi menggunakan mobilnya dengan kecepatan tinggi di jalanan bergelombang. Suspensi sendiri lebih tepatnya adalah bushing member atau bushing arm.

Bukan hanya perawatannya saja yang cukup mahal, generasi pertama mobil SUV ini juga lebih boros bahan bakar. Hal ini karena performa mesinnya tangguh, apalagi pada tipe mobil 2,5, sehingga BBM lebih cepat habis.

Kekurangan terakhir adalah pengisian BBM harus menggunakan jenis minimal pertamax, sebab mesin akan kurang optimal dengan bahan bakar premium. Artinya, pengguna harus mengeluarkan biaya lebih untuk memilih bahan bakar pertamax.

Jika pengguna mobil menggunakan BBM jenis premium, maka perlu menaikkan RPM lebih tinggi untuk mendapatkan power. Sedangkan jika menggunakan pertamax, maka 2.500 rpm sudah cukup responsif bahkan di tanjakan.

Berbagai pilihan mobil SUV menawarkan tampilan mewah dan elegan, juga berbagai keunggulan lain sehingga memiliki cukup banyak peminat. Salah satu mobil SUV populer adalah New Nissan X Trail dengan berbagai fitur maupun keunggulannya.