mobil honda crv

Sekilas terdengar sama tapi kamu perlu tahu perbedaan CRV BRV HRV WRV itu apa saja. Setelah tahu perbedaannya kamu bisa menentukan sendiri mana paling sesuai dengan kebutuhan dan kantong.

Pabrikan Honda memiliki banyak tipe mobil sebab segmen pasarnya sangat luas dan kelasnya berbeda-beda. Pabrikan ini juga termasuk paling aktif merilis seri baru untuk satu tipe mobil yang sama dengan menambahkan fitur-fitur terbaru.

Fitur terbaru ini biasanya jadi pertimbangan dalam membeli selain harga. Kamu akan dapat referensi mana yang paling pas untuk dibeli setelah mengetahui perbedaan antara 4 tipe mobil Honda berikut ini.

Perbedaan CRV BRV HRV WRV Dilihat dari Desain Eksterior

CRV versi terbaru hadir lebih elegan, ramping, tampilan garis-garis mengalir menonjolkan kesan ekspresif serta mewah. Crossover ini tersedia dalam warna Canyon River Blue Metallic, Crystal Black Pearl, Meteoroid Gray Metallic, Ignite Red Metallic, dan Platinum White Pearl.

BRV mengusung desain lebih maskulin serta tangguh dengan tampilan kokoh dan gesit. Mobil Honda ini tersedia dalam beberapa warna yaitu Lunar Silver Metallic, Crystal Black Pearl, color, Taffeta White dan Premium Opal White Pearl.

HRV mengusung desain modern dan sporty, kamu bisa lihat dari garis-garis tajam serta lekukannya yang elegan. Tersedia dalam pilihan warna Platinum White Pearl, Meteoroid Gray Metallic, Sand Khaki Pearl, Ignite Red Metallic dan Crystal Black Pearl.

Sementara WRV hadir sebagai SUV Crossover dengan desain compact serta tampilan premium sporty. Tersedia pilihan warna Ignite Red Metallic, Meteoroid Gray Metallic, Stellar Diamond Pearl, Crystal Black Pearl, dan Taffeta White.

Perbedaan CRV BRV HRV WRV Dilihat dari Interior

Selain eksterior, tampilan dalamnya atau interior juga memiliki perbedaan yang mencolok. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri dari segi interior ini. Berikut perbedaan mobil Honda CRV BRV HRV WRV dari desain interiornya.

Desain interior CRV sangat elegan, dilengkapi pengatur kursi, AC belakang, tersedia Power Outlet. Power Outlet lebih luas, ini bisa untuk tempat mengisi daya HP kamu. LCD layar sentuh melengkapi kemewahan sekaligus menonjolkan sisi futuristic.

Sisi dalamnya dilengkapi Setir multi fungsi dimana kamu bisa menerima panggilan telepon menggunakan tombol bagian kanan. Kursi depan dan belakang terbuat dari leather yang mewah. Desain cover pada kursi ini cukup signifikan perbedaannya dengan CRV, HRV maupun WRV.

Paling menonjol dari interiornya adalah adanya sunroof serta kursi lipat di bagian belakang. Kamu akan merasakan gaya berkendara yang berbeda saat naik mobil ini. Kursi bagian belakang bisa dilipat memudahkan kamu saat membawa barang banyak.

Perbedaan mobil Honda CRV BRV HRV WRV paling menonjol adalah adanya courtesy lamp pada tipe WRV. Selain itu juga Sun visor dengan vanity mirror yang tidak terdapat pada 3 SUV lainnya.

Perbedaan CRV BRV HRV WRV dari Spesifikasi Mesin

Perbedaan mesin ini juga cukup mencolok. CRV untuk pasar Indonesia tersedia pilihan mesin bensin. Dapur pacunya ditenagai oleh dua pilihan mesin Bensin berkapasitas 1498 cc. Jenis transmisi tergantung varian yang kamu pilih.

Spesifikasi mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 187 hp, torsi 240 Nm, RPM At Max Power sebesar 6000 RPM, dan RPM At Max Torque 1700-5000 RPM. Mesin 1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC, dengan Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI.

BRV ditenagai dua pilihan mesin Bensin berkapasitas 1497 cc, sedikit berbeda dibanding sebelumnya namun tidak terlalu signifikan. Tersedia transmisi Manual CVT tergantung varian.

Jenis SUV 7 seater berdimensi 4456 mm, lebar 1735 mm, wheelbase 2662 mm ini memiliki kapasitas mesin yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 119 hp, torsi 145 Nm, RPM At Max Power 6600 RPM dan RPM At Max Torque sebesar 4300 RPM.

HRV dibekali dengan dua pilihan mesin Bensin berkapasitas 1498 cc, menghasilkan tenaga sebesar 175 hp, torsi puncak 240 Nm. Dibekali transmisi CVT Girboks Variable Speed, namun belum ada Steering Wheel Gearshift Paddle.

Spesifikasi mesin terdiri dari 1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC. Jumlah Silinder 4 Katup per Silinder berjumlah 4, konfigurasi Katup DOHC, rasio Kompresi sebesar 10.6:1.

Tipe WR-V juga tersedia mesin berbahan bakar bensin berkapasitas 1498 cc. Kapasitas ini menghasilkan tenaga sebesar 119 hp. Crossover 5 seater ini tersedia dalam transmisi manual Girboks 6-speed.

Spesifikasi mesin terdiri dari 1.5L Petrol Engine, 4 Cylinder 16 Valve DOHC. Kemudian sistem suplai bahan bakarnya menggunakan PGMFI. Jumlah Silinder 4, katup per Silinder berjumlah 4, konfigurasi katup DOHC, rasio kompresi sebesar 10.6:1, Bore X Stroke 73 x 89.5.

Perbedaan dari Fitur Keamanan dan Keselamatan

CRV dibekali fitur keselamatan canggih berupa LaneWatch, Brake Override System, Honda SENSING(Collision Mitigation Braking System, Road Departure Mitigation, Low Speed Follow, Lane Keep Assist System, Lead Car Departure Notification).

BRV dibekali fitur keamanan berupa Central Locking, Power Door Locks, Anti Theft Device, Alarm Mobil dan Engine Immobilizer. Lalu fitur keselamatannya sudah ada Anti Lock Braking System, EBD (Electronic Brake Distribution), Pengingat Pintu Terbuka, Crash Sensor.

Perbedaan mobil Honda CRV BRV HRV WRV di fitur HRV sama persis dengan BRV. Perbedaan cukup signifikan pada fitur keselamatan diantaranya di tipe ini tidak ada Curtain Airbags.

Fitur keselamatannya dilengkapi dengan Sensor Parkir, Rear Parking Sensors, Kamera Belakang, Emergency Stop Signal, Hill-Start Assist Control, Downhill Assist Control. Kemudian ada juga Pelindung Benturan Depan dan Pelindung Benturan Samping.

Untuk WRV secara umum fitur keamanan dan keselamatan masih mengadopsi 3 tipe sebelumnya namun lebih dekat dengan HRV. Jenis keempat ini juga belum dilengkapi Curtain Airbags.

Perbedaan  dari Segi Harga

Perbedaan yang paling signifikan adalah dari segi harga. Update harga terbaru ini bisa jadi pertimbangan kamu untuk membeli setelah mengetahui semua fitur pada masing-masing tipe SUV keluaran Honda.

Tipe CRV dibandrol mulai dari harga Rp 739,9 – 799,9 Juta. Ini adalah SUV dengan harga paling tinggi yang dimiliki Honda. Varian paling murah (Rp 739,9 juta) adalah 1.5L Turbo, yang paling mahal (Rp 799,9 juta) adalah 2.0L RS eHEV.

Di urutan kedua adalah HRV yang dibandrol Rp 375,9 – 529,9 Juta. Lebih affordable dan cocok untuk kamu penyuka mobil sporty. Varian paling murah bertipe 1.5L S CVT, paling mahal adalah 1.5L SE CVT.

Disusul tipe BRV yang dibandrol mulai Rp 288,8 – 356 Juta. Varian paling murah adalah tipe S MT transmisi manual, sedangkan paling mahal adalah tipe E CVT dengan transmisi CVT.

Kamu bisa juga pilih yang paling terjangkau yaitu Honda WRV dengan harga Rp 269,9 – 317,9 Juta. Harga paling rendah ditawarkan oleh varian 1.5L E MT, paling mahal ditawarkan oleh varian E yang bertransmisi CVT.

Mobil SUV keluaran Honda tidak diragukan lagi ketangguhan dan kecanggihan fiturnya. Setelah tahu semua perbedaan mobil Honda CRV BRV HRV WRV sekarang kamu bisa menentukan mana paling pas dikantong untuk dibeli.